Dengan Teknologi Big Data, Pencarian Peraturan Semakin Mudah dan Akurat
Advertorial:

Dengan Teknologi Big Data, Pencarian Peraturan Semakin Mudah dan Akurat

Dengan bantuan teknologi Big Data, sekarang pencarian peraturan bisa lebih mudah dan lebih cepat dari memesan ojek online.

Oleh:
Tim Advertorial
Bacaan 2 Menit
Dengan Teknologi Big Data, Pencarian Peraturan Semakin Mudah dan Akurat
Hukumonline
Pada zaman digital ini rasanya mudah sekali untuk menemukan informasi apapun yang kita cari, cukup ketik kata kunci yang kita ingin cari, dan dalam hitungan detik kita pasti langsung mendapat hasilnya. Tapi, apakah hal ini berlaku juga untuk pencarian peraturan hukum?

Mesin pencari umum seperti Google memang bisa digunakan masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai peraturan hukum, tapi terkadang hasil yang muncul tidak bisa menemukan peraturan yang tepat. Kalaupun akhirnya kita berhasil menemukan peraturan yang relevan, selanjutnya kita bisa menghabiskan waktu berjam-jam, atau berhari-hari, hanya untuk memastikan apakah peraturan tersebut belum diubah atau telah dicabut oleh peraturan yang lebih baru maupun oleh putusan pengadilan.

Namun dengan bantuan teknologi Big Data, sekarang pencarian peraturan bisa lebih mudah dan lebih cepat dari memesan ojek online.

Hukumonline.com berkolaborasi dengan Dattabot, sebuah perusahaan teknologi Analisis Big Data, untuk mengembangkan “HUKUMONLINE ADVANCED SEARCH” yaitu fitur pencarian peraturan dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intellIgence) dan mahadata (Big Data). Keunggulan HUKUMONLINE ADVANCED SEARCH ini adalah kemampuannya menampilkan hasil pencarian yang lebih akurat, menemukan peraturan yang dicari dengan tepat, dan status peraturan langsung tampil dalam hasil pencarian. 

“Dengan hasil pencarian HUKUMONLINE ADVANCED SEARCH pengguna dapat langsung mengetahui apakah suatu peraturan masih berlaku ataukah telah diubah atau dicabut oleh peraturan yang lebih baru atau putusan pengadilan. Fitur HUKUMONLINE ADVANCED SEARCH ini merupakan bentuk kesungguhan kami untuk melayani pengguna hukumonline dengan memanfaatkan teknologi canggih ke dalam basis data hukum,” jelas Ahadi Bayu Tejo, Direktur Bisnis Hukumonline.com

Bayu menambahkan bahwa HUKUMONLINE ADVANCED SEARCH juga dilengkapi himpunan (library) alias atau judul populer suatu peraturan. Fitur alias ini memungkinkan pengguna hukumonline untuk menggunakan bahasa hukum sehari-hari, termasuk singkatan-singkatan populer, seperti UU, PP, Perpu, dan lain sebagainya, dalam melakukan pencarian.

“Dengan teknologi analisis data yang kami miliki, kami berhasil menggabungkan informasi dari 30.000 dokumen hukum dalam pusat data  milik Hukumonline berdasarkan kata kunci dan relevansi. Dari sini kami berhasil membangun sebuah pusat pengetahuan pintar yang memahami hubungan antar   peraturan perundang-undangan di Indonesia. Informasi-informasi ini dapat diakses oleh mesin pencari dan rekomendasi dengan tampilan yang ramah pengguna” ujar Tom Malik, Chief Operating Officer  Dattabot. 

“Kami sangat bangga bisa bekerjasama dengan Hukumonline sebagai pusat data dan referensi hukum terdepan di Indonesia, di mana teknologi kami dapat memudahkan masyarakat luas untuk mencari informasi mengenai hal – hal yang berkaitan dengan hukum,” Tom menambahkan.

KEUNGGULAN-KEUNGGULAN UTAMA
HUKUMONLINE ADVANCED SEARCH
1. Menggunakan teknologi artificial intelligence dan Big Data;
2. Hasil pencarian lebih akurat, menampilkan dengan tepat peraturan yang dibutuhkan;
3. Status peraturan langsung tampil di hasil pencarian (diubah, dicabut, dsb);
4. Pengguna dapat menggunakan kata kunci dengan Bahasa sehari-hari dalam mesin pencari
5. Relasi antar-peraturan semakin akurat, karena dilakukan otomatis oleh mesin;
6. Selain peraturan, juga menampilkan tautan artikel berita, klinik hukum, dan putusan yang terkait dengan peraturan yang dituju.

Keunggulan-keunggulan tersebut merupakan inovasi awal HUKUMONLINE ADVANCED SEARCH yang saat ini masih dalam versi Beta. Sehingga mungkin masih ada beberapa kekurangan. Pada tahap awal, inovasi dari sisi kecepatan, ketepatan dan kemudahan menjadi prioritas hukumonline dan Dattabot untuk para pelanggan berbayar Pusat Data hukumonline. Hukumonline dan Dattabot masih mengembangkan sejumlah inovasi lainnya, termasuk di antaranya memberikan kemudahan dalam mencari dan meriset putusan-putusan pengadilan penting.

Hukumonline memberikan kesempatan kepada para pengguna Pusat Data untuk mencoba fitur HUKUMONLINE ADVANCED SEARCH. Hukumonline menyediakan suvenir menarik bagi 20 orang yang mengikuti survei HUKUMONLINE ADVANCED SEARCH.
TENTANG PUSAT DATA HUKUMONLINE

Hingga awal tahun 2017, Hukumonline.com menyediakan lebih dari 37 ribu katalog peraturan perundang-undangan dan 33 ribu  katalog putusan pengadilan yang mudah diakses, disusun sistematis dan terorganisasi. Hukumonline juga menerbitkan analisa dan ringkasan peraturan-peraturan tersebut secara reguler kepada ratusan perusahaan dan kantor hukum ternama di Indonesia.
TENTANG DATTABOT

Dattabot adalah perusahaan Big Data Analytics yang memiliki fokus pada bidang Integrasi Data. Diperkuat oleh teknologi Artificili Intelligence dan perpustakaan data terkaya di Indonesia, Dattabot  memiliki kemampuan membantu Bisnis – Bisnis untuk mendapatkan nilai manfaat dari data yang mereka miliki.

Sejak tahun 2010, Dattabot telah memanfaatkan teknologi Big Data untuk menghadirkan solusi inovatif kepada klien – klien dalam berbagai industri seperti Fast Moving Consumer Goods (FMCG), Industri Finansial, hingga lembaga pemerintahan.
Tags: