Nikmati Serunya Berlari Bersama 3000 Orang di BNI UI Half Marathon
Berita

Nikmati Serunya Berlari Bersama 3000 Orang di BNI UI Half Marathon

Ajang perayaan silaturahim reuni alumni UI, 30 tahun Kampus UI Depok, dan ulang tahun ke-71 BNI.

Oleh:
Norman Edwin Elnizar
Bacaan 2 Menit
Panitia BNI UI Half Marathon berpose setelah konperensi pers di Jakarta, Kamis (13/7). Foto: EDWIN
Panitia BNI UI Half Marathon berpose setelah konperensi pers di Jakarta, Kamis (13/7). Foto: EDWIN
Ribuan pelari dari kalangan alumni UI dan masyarakat umum akan ramaikan run race BNI UI Half Marathon,  Minggu (16/7) akhir pekan ini. Tidak kurang dari 3000 slot peserta dengan jarak tempuh 5K, 10K, dan 21K habis terjual.

Ajang lomba lari ini digelar dengan menggabungkan bermacam tujuan sekaligus mulai dari mempererat ikatan antarsesama alumni UI, perayaan atas 30 tahun berdirinya kampus UI Depok, hingga ulang tahun BNI sebagai mitra kampus UI dalam berbagai layanan transaksi perbankan civitas akademik UI. Lomba ini juga sarana untuk semakin mempromosikan kampus hijau UI Depok sebagai ruang terbuka bagi masyarakat berolahraga dengan suasana asrinya hutan kota di dalam lingkungan kampus.

Bukan hanya itu, Ikatan Alumni (ILUNI) UI sebagai penyelenggara acara juga menjadikan kegiatan ini sebagai media kontribusi bagi almamater berupa penggalangan dana abadi pendidikan Universitas Indonesia. Dana abadi ini akan digunakan untuk berbagai keperluan pembangunan hingga beasiswa bagi mahasiswa UI. Sekretaris Jenderal ILUNI UI menyampaikan hal ini saat diwawancarai hukumonline usai jumpa pers pengambilan race pack BNI UI Half Marathon di atrium fX Plaza kawasan Sudirman,  Jakarta, Kamis (13/7). “Tujuan utamanya, pertama kita guyub, semua komunitas gabung, dan ada yang dikasih ke kampus,” katanya.

Dalam pelaksanaan BNI UI Half Marathon pada 16 Juli lusa akan diserahkan secara simbolik sumbangan yang disisihkan dari pemasukan oleh sponsor. Terkumpul uang tunai sejumlah 200 juta rupiah ditambah paket beasiswa untuk mahasiswa UI. “Jumlahnya 200 juta, juga dalam bentuk beasiswa,” lanjut Andre.

Akan dibentuk pula komunitas UI Runners yang menggabungkan berbagai komunitas lari alumni dari berbagai fakultas. Setidaknya ada tiga fakultas di UI yang alumninya memiliki komunitas aktif pecinta olahraga lari yaitu FHUI Runners, FEUI Runners, dan FTUI Runners.

(Baca juga: Syamsul Arief, Hakim yang ‘Kecanduan’Olahraga Lari).

Mantan aktris yang sejak tahun 2011 beralih profesi menjadi notaris, Alya Rohali, ikut pula berpartisipasi sebagai Wakil Ketua Panitia Half Marathon. Alumni Fakultas Hukum UI untuk program Magister Ilmu Hukum dan Magister Kenotariatan ini adalah pecinta lari yang aktif mengikuti ajang marathon internasional. “Sebenarnya ILUNI UI banyak kegiatannya, kalau ini dipilih karena lari banyak yang menggemari, sambil bernostalgia lari di (lingkungan) kampus, rutenya enak banget,” ungkap Alya.

Kepada Hukumonline, Alya mengaku sedang mempersiapkan diri untuk Berlin Marathon di Jerman September tahun ini. Sebagai penggemar olahraga lari, ia rutin berlari 5 kilometer di pagi hari dengan intensitas setidaknya  3 kali dalam seminggu. “Harapannya acara ini sukses, karena ini event run race yang pertama kali (diselenggarakan ILUNI UI), pengennya juga jadi acara yang rutin,” ujarnya.

BNI Half Marathon yang baru diselenggarakan pertama kali ini akan memiliki sedikit perbedaan dalam pengaturan teknis dibandingkan ajang Run for River yang sudah rutin diselenggarakan lebih dulu oleh komunitas Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) UI. Para peserta akan dimanjakan dengan suasana asri lingkungan hijau kampus UI yang juga merupakan kawasan hutan kota di Depok. “Harapan kami dari panitia, mereka (alumni) dapat sembari berlari dan mengenang masa lalu akan sejuknya Kampus UI”, kata jebolan Fakultas Ekonomi UI, Benny Syaaf selaku Ketua Panitia UI Half Marathon.

Panitia juga berharap agar masyarakat umum yang juga diperbolehkan berpartisipasi akan lebih mengetahui kenyamanan lingkungan hijau Kampus UI yang terbuka untuk menjadi pilihan lokasi berolahraga. Selain cocok untuk berlari, di lapangan rotunda Rektorat UI pun juga rutin diadakan senam bersama setiap dua kali dalam sebulan di hari Minggu oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Salam UI yang terbuka untuk umum.

Selain BNI sebagai sponsor utama Half Marathon ini, sejumlah perusahaan turut pula mendukung ajang lari yang diselenggarakan ILUNI UI ini seperti Adaro, Jasamarga, Pertamina, Waskita dan lainnya. Hukumonline bersama beberapa media massa lainnya ikut  menjadi media partner. Wilayah Kampus UI Depok akan steril dari lalu lalang kendaraan bermotor sejak pukul 03.00 dini hari hingga acara selesai pukul 09.30 WIB. Para peserta dapat memarkirkan kendaraan pribadi yang disediakan panitia di lokasi parkir mal Margo City dan mal Depok Town Square atau menggunakan taksi serta kereta. Alternatif lainnya adalah menggunakan shuttle bus yang disediakan panitia dari lokasi fX Plaza Sudirman, Cilandak Town Square, BSD, dan Rawamangun.

Jadi, sudah siap berlari sepanjang jalan kenangan?
Tags:

Berita Terkait