Lego Mobil Sitaan
Foto Essay

Lego Mobil Sitaan

Pelaksanaan lelang eksekusi barang rampasan ini sesuai dengan Pasal 18 ayat (2) UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Oleh:
Resa Esnir
Bacaan 2 Menit
Foto: RES
Foto: RES
Akhir pekan ini KPK akan melelang 19 mobil dari berbagai jenis dan satu buah motor. Ke-20 kendaraan tersebut merupakan hasil sitaan kasus korupsi yang ditangani lembaga antirasuah tersebut.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Lelang digelar pada hari Jumat 22 September 2017, mulai dari siang hari hingga selesai di Gedung JCC Senayan, Jakarta Pusat. Barang rampasan yang dilelang merupakan hasil sitaan dari kasus korupsi yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht).

Hukumonline.com

Dikutip dari laman resmi kpk.go.id, pelaksanaan lelang eksekusi barang rampasan ini sesuai dengan Pasal 18 ayat (2) UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 dengan perantaraan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti lelang, wajib memenuhi memiliki akun yang telah terverifikasi pada website www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Cara penawaran dilakukan dengan hadirnya peserta pada saat lelang di JCC Senanyan. Pelunasan harga lelang dilakukan maksimal lima hari kerja setelah pelaksanaan lelang. Kemudian, bea lelang bagi pembeli adalah sebesar tiga persen dri harga lelang.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Bagi calon peserta lelang dapat melihat obyek yang akan dilelang pada hari ini Selasa (19/9) jam 10.00 WIB sampai 13.00 WIB. Obyek lelang berada di sejumlah tempat seperti kantor KPK, Rupbasan Jakarta Barat, Rupbasan Jakarta Selatan dan Rupbasan Jakarta Pusat.

Hukumonline.com

Untuk di kantor KPK sendiri dari pantauan hukumonline, beberapa obyek lelang antara lain, Volkswagen Golf tahun 2011, Volkswagen Beetle tahun 2012, Honda CRV tahun 2008, Honda Civic tahun 2008, dan Audi tahun 2013.

Hukumonline.com

Tak seluruh mobil yang dilelang memiliki kelengkapan surat. Beberapa mobil di antaranya tak dilengkapi dengan BPKB. Namun, hampir seluruh obyek lelang dilengkapi dengan STNK.

Hukumonline.com

Uang jaminan terkecil yang ditawarkan KPK ada pada sebuah motor Kawasaki keluaran 2011. Jaminan yang diminta untuk motor Ninja itu yakni Rp2,5 juta dan dilelang Rp11,8 juta. Untuk mobil, uang jaminan termurah ada pada Isuzu Panther, Rp10 juta, dan akan dilelang dengan banderol Rp28,8 juta.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Berbagai mobil dan barang mewah yang dilelang KPK ditawarkan dengan harga relatif murah. Untuk mobil, harga yang ditawarkan mulai kisaran Rp28 juta hingga Rp1,1 miliar.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Saat KPK memamerkan beberapa mobil yang hendak dilelang, beberapa calon pembeli sempat terlihat hadir di gedung lama lembaga antirasuah tersebut.

Hukumonline.com

Apakah Anda tertarik ikut lelang?
Tags: