Rabu, 07 February 2018

​​​​​​​Akibat Pembatalan Titel terhadap Pihak Ketiga yang Mengoper Berdasarkan Iktikad Baik

​​​​​​​Sepanjang orang yang menerima penyerahan iktikadnya baik dan yang diserahkan adalah benda bergerak tidak atas nama, syarat dalam Pasal 584 BW bisa diterobos oleh ketentuan Pasal 1977 ayat (1) BW.
RED
J. Satrio

Jika ada pertanyaan apakah orang, melalui suatu penyerahan, bisa menjadi pemilik dari barang yang diserahkan kepadanya, kalau perjanjian yang menjadi dasar penyerahan itu dibatalkan?

 

Berdasarkan apa yang telah diuraikan pada artikel sebelumnya “Teori Kausal dan Teori Abstrak”, kalau kita mengikuti Teori Abstrak maka bisa terjadi, bahwa orang bisa menjadi pemilik suatu benda yang diperolehnya atas dasar penyerahan yang didasarkan atas suatu perjanjian yang tidak sah (yang telah dibatalkan).

 

Bukankah beberapa ketentuan Burgerlijk Wetboek (BW) sebagai yang disebutkan di atas mengatakan seperti itu? Jawaban di atas bersyarat, yaitu kalau kita mengikuti Teori Abstrak.

 

Pasal 584  dan  Pasal 1977  ayat  (1)  BW

Syarat yang disebutkan dalam Pasal 584 BW, yang mengatakan, bahwa agar orang yang menerima penyerahan menjadi pemilik dari benda yang diserahkan, orang yang menyerahkan harus orang yang mempunyai kewenangan tindakan pemilikan atas benda yang diserahkan -sepanjang mengenai benda bergerak tidak terdaftar- diterobos oleh Pasal 1977 ayat (1) BW, dalam arti, ketentuan Pasal 1977 ayat (1) BW  memberikan perkecualian atasnya, kalau yang diserahkan berupa benda bergerak tidak atas nama.

 

Pasal 1977 ayat (1) B.W. mengatakan :

“Terhadap benda bergerak yang tidak berupa bunga maupun piutang yang tidak harus dibayar kepada si pembawa, maka pengusaan atas benda memberikan titel yang sempurna”.

 

Unsur-unsur pasal di atas:


  • bendanya benda bergerak, yang bukan berupa bunga atau bukan berupa tagihan yang tidak harus dibayar kepada orang yang menunjukkannya (yang bukan tagihan aan toonder).

  • penguasaan atas benda itu (bezit).

  • berlaku sebagai titel yang sempurna (geld als volkomen titel).

 

Titel yang paling sempurna adalah hak milik, maka dalam doktrin pasal tersebut ditafsirkan sebagai berikut:

Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua