Tak Ada Putusan Etik Peradi, Jadi Salah Satu Materi Eksepsi Fredrich Yunadi
Berita

Tak Ada Putusan Etik Peradi, Jadi Salah Satu Materi Eksepsi Fredrich Yunadi

Fredrich juga membantah dirinya memanipulasi data kesehatan Novanto.

Oleh:
Aji Prasetyo
Bacaan 2 Menit
Fredrich Yunadi. Foto: RES
Fredrich Yunadi. Foto: RES

Advokat Fredrich Yunadi membantah hampir seluruh tuduhan penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada dirinya yang tertera dalam surat dakwaan. Menurut Fredrich, dirinya tidak pernah memanipulasi data kesehatan Setya Novanto yang kala itu menjadi kliennya.

 

Dalam nota keberatan (eksepsi) yang disampaikan di depan majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Fredrich menceritakan versinya pada saat terjadi kecelakaan yang menimpa Novanto ketika itu. Pada awalnya ia mengaku mendapat telepon dari ajudan Novanto, Reza Pahlevi bahwa Novanto mengalami kecelakaan.

 

"Kami mendapat telepon dari Reza bahwa Setya Novanto mengalami kecelakaan di Simprug dan mengalami luka parah. Dan kami minta supaya dilarikan rumah sakit dan kami hubungi Ibu Setya Novanto (istri Novanto, Deisti). Kami telepon bu Setya Novanto tapi hp nya tidak aktif," ujar Fredrich dalam eksepsinya, Kamis (15/2).

 

Fredrich melanjutkan, setelah itu ia meminta istrinya untuk menghubungi Deisti karena jarak rumah antar keduanya cukup dekat. Kemudian ia dihubungi lagi oleh Reza dan disampaikan informasi jika Novanto dirawat di RS Permata Hijau lantai tiga.

 

"Kami langsung tanya suster di kamar berapa Pak Setya Novanto dirawat. Kami tanya pada dr. Bimanesh bagaimana kondisi Pak Setya Novanto dan apakah diperlukan periksa x-ray, ct scan, dan lainnya serta apa perlu rawat inap," ujarnya.

 

Dalam eksepsinya kali ini, Fredrich juga menjelaskan jika dirinya telah mengikuti segala prosedur yang ada di RS Permata Hijau. "Kami turun ke lantai dasar untuk daftarkan Setya Novanto rawat inap," tuturnya.

 

Ia pun mengklaim telah menghubungi penyidik KPK Ambarita Damanik tetapi tidak mendapat respons. Selanjutnya, ia pun menghubungi sejumlah media untuk menginformasikan jika kliennya mengalami kecelakaan di tengah perjalanan ke studio Metro TV untuk menghadiri wawancara. (Baca Juga: Dua Poin Menarik dari Dakwaan Fredrich)

Tags:

Berita Terkait