Dari Tanya-Jawab Hingga Buku Ulasan Persoalan Hukum Sehari-Hari
Resensi

Dari Tanya-Jawab Hingga Buku Ulasan Persoalan Hukum Sehari-Hari

Membaca buku ini memberi manfaat pengetahuan hukum bagi masyarakat mengenai segala permasalahan hukum yang sehari-hari terjadi di sekitar kita.

Oleh:
CR-26
Bacaan 2 Menit
Buku berjudul Tanya-Jawab Seputar Permasalahan Hukum (Persoalan dan Solusi Permasalahan Hukum Sehari-hari) oleh Alfin Sulaiman.  Foto: CR-26
Buku berjudul Tanya-Jawab Seputar Permasalahan Hukum (Persoalan dan Solusi Permasalahan Hukum Sehari-hari) oleh Alfin Sulaiman. Foto: CR-26

Tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari-sehari segala aktivitas manusia berhubungan dengan persoalan hukum. Terkadang sengaja atau tidak, ketika kita melakukan pelanggaran hukum, ancaman hukuman sudah menanti tanpa disadari. Hal ini yang membuat Hukumonline beberapa tahun lalu memuat rubrik khusus “Klinik” yang diharapkan orang awam dapat berkonsultasi mengenai permasalahan hukum apa saja yang dihadapi.

 

Dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, selain diulas oleh tim internal, Hukumonline juga bekerja sama dengan para praktisi hukum. Salah seorang mitra yang setia menjawab pertanyaan-pertanyaan rubrik klinik hukum dari pembaca ialah Alfin Sulaiman, pendiri dari Kantor Hukum Sulaiman&Herling.

 

Kurun waktu 9 tahun, Alfin menghimpun tanya-jawab klinik tersebut kemudian menjadikannya sebuah buku berjudul Tanya-Jawab Seputar Permasalahan Hukum (Persoalan dan Solusi Permasalahan Hukum Sehari-hari).  

 

Buku ini yang terdiri dari 80 pertanyaan tersebut membahas beberapa bidang hukum antara lain: Hukum Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU), Hukum Hak Kekayaan Intelektual, Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Ketenagakerjaan, Hukum Pertambangan dan seputar profesi hukum.

 

Judul Buku : Tanya Jawab Seputar Pertanyaan Hukum

Penerbit : PT Warta Aksara Sakti

Terbit : Januari 2018

452 halaman

 

Buku ini menjadi penting dibaca tidak hanya bagi kalangan praktisi hukum dan akademisi, tetapi juga masyarakat awam. Sebab, buku setebal 452 halaman ini mengulas permasalahan hukum yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari di sekitar kita.

 

Seperti pertanyaan yang diajukan dari pemilik kendaraan mengenai ketentuan hukum penerimaan klaim perusahaan asuransi apabila pemilik kendaraan telah mendapatkan ganti rugi dari si penabrak. Kemudian, terdapat juga pertanyaan dari seorang warga yang terganggu aktivitas hotel ‘gelap’, sehingga ingin menempuh jalur hukum untuk penghentian operasi hotel tersebut.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait