Senin, 11 Juni 2018
Berbagi Kasih Ramadhan Ala ILUNI FH UI
Tanda cinta dan perhatian alumni bagi para tenaga pendukung kemajuan FH UI. 
Normand Edwin Elnizar
Berbagi Kasih Ramadhan Ala ILUNI FH UI
Ketua Umum ILUNI FH UI (tengah berpeci hitam), Ahmad Fikri Assegaf didampingi perwakilan karyawan dan pimpinan FH UI, Jumat (8/6) saat penyerahan bingkisan di FH UI kampus Depok. Foto: NEE

Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FH UI) kembali melakukan bakti alumni untuk para karyawan FH UI dengan pembagian bingkisan bahan-bahan pokok, Jumat (8/6) di kampus FH UI Depok. Bentuk kepedulian kepada para karyawan ini sebagai penghargaan atas jasa-jasa mereka ikut menunjang berbagai aktivitas pengelolaan FH UI seperti sarana prasarana perkuliahan, kegiatan mahasiswa serta dosen, dan berbagai keperluan administrasi. 

 

“Alhamdulillah, mengumpulkan dana untuk kegiatan alumni yang paling mudah adalah setiap acara ini, artinya perhatian alumni kepada Bapak Ibu karyawan sangat besar,” kata Ketua Umum ILUNI FH UI, Ahmad Fikri Assegaf.

 

Acara pemberian bingkisan bahan-bahan pokok dari ILUNI FH UI ini rutin dilakukan selama periode kepemimpinan Fikri di ILUNI FH UI. Pemberian bingkisan dilakukan pada momen bulan suci Ramadhan bagi para karyawan, pensiunan karyawan, dan janda dari karyawan yang membutuhkan tunjangan bingkisan bahan pokok. 

 

Menurut Fikri, para alumni tidak pernah melupakan jasa para karyawan yang juga sangat penting dalam menunjang kelancaran mereka menimba ilmu selama berkuliah di FH UI. “Insya Allah, semangatnya alumni ini bisa bapak ibu jadikan sumber semangat juga dalam  melakukan tugas sehari-hari,” ujarnya di acara seremoni serah terima bingkisan di lobi FH UI Kampus Depok.

 

Fikri juga mengakui bahwa kesuksean FH UI tidak lepas dari dukungan para karyawan FH UI yang penuh semangat dan dedikasi dalam menjalankan tugasnya. Ia berharap di bawah komando Dekan baru FH UI, Prof. Melda Kamil Ariadno, para karyawan semakin bersemangat ikut membangun FH UI lebih baik lagi.

 

Meskipun ini bingkisan Ramadhan yang terakhir dari kepengurusan kami 2015-2018, Fikri meyakini bahwa kegiatan ini akan diteruskan oleh kepengurusan ILUNI FH UI berikutnya. Yang terpenting dari kegiatan ini menurutnya bukan pada pemberian bingkisannya namun upaya terus membangun hubungan baik antara alumni dengan para karyawan FH UI.

 

“Ini adalah tanda cinta dari kami alumni, tanda perhatian dari kami bagi bapak ibu sekalian, insya Allah di penghujung Ramadhan ini pula kita semua mendapat keberkahan,” kata Fikri disambut ucapan ‘amin’ dari para karyawan yang hadir.

 

Berdasarkan keterangan yang diberikan Ketua Komite Bakti Alumni ILUNI FH UI, Salju Mulawahyu Novryanto, pemberian bingkisan ini telah rutin dilakukan sejak awal kepengurusan ILUNI FH UI 2015-2018. Meskipun dilakukan di momen bulan suci Ramadhan, penerimanya tidak terbatas hanya bagi karyawan yang beragama Islam.

 

“Sasarannya karyawan, pensiunan, dan janda karyawan. Tahun ini ada 220 paket yang kami bagikan,” kata in house counsel bank swasta terkemuka di Indonesia ini kepada hukumonline di tengah pembagian bingkisan.

 

Salju menceritakan bahwa antusiasme para alumni dalam kegiatan ini selalu tinggi dan mengalami peningkatan jumlah donasi yang masuk. “Bertambah terus setiap tahun sejak pertama kami adakan,” ujarnya. Hal ini menurut Saljue membuktikan bahwa para alumni tidak pernah lupa tentang jasa-jasa para karyawan yang tak kalah penting dibandingkan para dosen selama mereka berkuliah di FH UI.

 

Baca:

 

Dekan FH UI, Prof.Melda Kamil Ariadno sangat menyambut baik acara yang rutin dilakukan ILUNI FH UI ini. “Tentu saya mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT. Karena alumni kembali mengingat FH UI tidak hanya dosen, adik-adik kelasnya, tapi juga karyawan,” katanya kepada hukumonline usai acara.

 

Menurut Melda, peran penting karyawan bagi mahasiswa sangat besar dalam aktivitas di kampus sehari-hari. Bahkan, menurutnya para karyawan lebih banyak berinteraksi dengan karyawan ketimbang dengan dosen. “Kalau dengan dosen mungkin saat di ruang kelas, kalau dengan karyawan tiap saat ketemu, mengelola teknis pelaksanaan, walau tak selalu ingat nama, terutama di Biro Pendidikan (bagian administrasi kemahasiswaan-red),” kata Melda yang juga alumni FH UI.

 

Melda mengakui peran penting para karyawan dalam mengelola kampus yang kini dipimpinnya. Sebagai buktinya, ia mengutip pernyataan Ketua ILUNI FH UI bahwa para alumni pun mengakui hal itu dengan bukti begitu mudahnya pengumpulan donasi dilakukan bagi acara ini.

 

“Itu memperlihatkan ketulusan dan semangat mereka berbagai kepada para karyawan, ini sangat bagus membangun sense of belonging, membuat karyawan tidak merasa dilupakan oleh fakultas bahkan oleh para alumninya,” kata Melda.

 

Pilihan momen di bulan suci Ramadhan ini menurut Melda juga menguatkan nuansa rahmatan lil alamin dari ajaran Islam untuk berbagi kasih. ILUNI FH UI telah menunjukkan semangat kebersamaan yang dijunjung tinggi bangsa Indonesia sekaligus nilai religius keislaman dengan kepedulian mereka kepada para karyawan FH UI.

 

“Kalau ada yang bilang Islam itu didasarkan pada membenci orang lain itu nggak benar, Islam itu rahmatan lil alamin, berlomba-lomba dalam kebaikan dan memberikan kebahagiaan pada orang lain, dan ini sudah ditunjukkan oleh ILUNI FH UI,” ujarnya. 

 

Melda berharap bahwa acara ini terus dilanjutkan oleh kepengurusan ILUNI FH UI periode berikutnya. Ia melihat bahwa acara ini sangat tepat dan efektif dalam memberikan kenyamanan bagi para karyawan untuk terus berdedikasi bagi kemajuan FH UI.

Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.