Pensiun, Ramai-ramai Jenderal Polisi Dilantik Advokat Bulan Depan
Berita

Pensiun, Ramai-ramai Jenderal Polisi Dilantik Advokat Bulan Depan

Para purnawirawan yang akan dilantik itu berasal dari AKABRI angkatan 1984.

Oleh:
Normand Edwin Elnizar
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi: BAS
Ilustrasi: BAS

Belasan purnawirawan Jenderal Polisi lulus ujian advokat yang diadakan Kongres Advokat Indonesia (KAI). Pelantikan akan dilaksanakan di Pengadilan Tinggi Jawa Barat bulan Juli mendatang. KAI menyebutkan kepada hukumonline, Kamis (28/6), sejumlah nama Jenderal bintang satu dan bintang dua yang akan segera beralih profesi sebagai advokat di bawah naungan KAI.

 

Presiden KAI Tjoetjoe Sandjaja Hernanto menjelaskan bahwa para purnawirawan yang akan dilantik itu berasal dari AKABRI angkatan 1984. Setelah memasuki masa pensiun dan sudah punya ijasah sarjana hukum, mereka tertarik ikut pendidikan profesi advokat KAI.

 

“Mereka pensiun di usia masih produktif, jadi kan punya banyak waktu untuk berkarya, Mereka ini ikut ujian ya, jangan dikira nggak ujian,” kata Tjoetjoe.

 

Menurut Tjoetjoe, para Jenderal calon advokat ini adalah rekan-rekan satu angkatan dari para Jenderal Polisi yang cukup tersohor seperti Irjen. Pol. Ronny Franky Sompie (Dirjen Imigrasi), Komjen. Pol. Mochamad Iriawan (Pejabat Gubernur Jawa Barat), dan Komjen. Pol. (Pur) Budi Waseso (mantan Kepala BNN).

 

Dihubungi terpisah, Sekretaris Jenderal KAI, Apprilia Supaliyanto menegaskan bahwa KAI menggunakan standar seleksi yang sama dengan para calon advokat lainnya kepada para Jenderal Polisi ini.

 

(Baca Juga: Selenggarakan Diklat Advokasi, Korpri Gandeng KAI)

 

“KAI tidak dalam posisi memberikan kekhususan ya, ini publik harus tahu, kami sangat ketat, mereka bahkan ada yang mengulang ujian, ujian wawancara pun kami serius sekali,” ujar April.

 

April menyebutkan sejumlah nama purnawirawan Jenderal Polisi yang akan resmi dilantik menjadi advokat anggota KAI pada bulan Juli mendatang di Pengadilan Tinggi Bandung.

Tags:

Berita Terkait