Ketua MPR: Warga Muhammadiyah Sudah Melaksanakan Pancasila
Pojok MPR-RI

Ketua MPR: Warga Muhammadiyah Sudah Melaksanakan Pancasila

Meski menghadapi rintangan yang tak ringan, namun telah memiliki banyak aset.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Ketua MPR Zulkifli Hasan. Foto: Humas MPR
Ketua MPR Zulkifli Hasan. Foto: Humas MPR

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengapresiasi sikap keluarga besar Muhammadiyah. Pasalnya persyarikatan yang didirikan K. H. Ahmad Dahlan itu telah menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila. Antara lain dengan mewujudkan  pengembangan ekonomi umat.

 

"Warga Muhammadiyah mengembangkan ekonominya, bukan semata karena ingin kaya dan sejahtera sendiri. Mereka terpacu ingin maju dan sejahtera, karena berharap bisa bersodaqoh, membantu sesamanya yang belum beruntung. Itu artinya, ada nilai keadilan sosial, yang ingin dicapai dan diusahakan oleh warga Muhammadiyah," ujarnya usai menghadiri ujian promosi doktor, Dahnil Anzar Simanjuntak, pada program Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro Semarang.

 

Acara tersebut berlangsung di Gedung Pasca Sarjana, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jumat (24/8). Ikut hadir pada acara tersebut Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar, Dewan Penasehat Partai Golkar Akbar Tanjung, serta Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

 

Sikap warga Muhammadiyah, itu menurut Zulkifli sangat sesuai dengan kondisi sekarang. Karena itu sudah waktunya, bangsa Indonesia melaksanakan segala aktivitasnya untuk kepentingan bersama, bukan hanya untuk kepentingan individu atau kelompok tertentu saja.

 

"Kalau masyarakatnya terangkat, sudah pasti individunya pun terangkat. Ini membuktikan adanya keadilan sosial, artinya warga Muhammadiyah sudah melaksanakan Pancasila," kata Zuifli Hasan menambahkan.

 

Dahnil yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, mengajukan disertasi doktornya dengan judul Penggunaan Sistem Pengendalian Manajemen Berbasis Etika Muhammadiyah Dalam Meningkatkan Kinerja UMKM. Dalam disertasinya, Dahnil mengatakan, perjuangan kalangan UMKM di lingkungan warga Muhammadiyah banyak dipengaruhi oleh Al-Qur'an, Surat Al Maun, ayat 1-7, dan surah Al Azhar ayat 1-3.

 

Warga Muhammadiyah berjuang agar sukses dalam bisnis, tidak semata didasari niat untuk memperkaya diri sendiri, tetapi juga memiliki motif sosial, bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat sekitarnya, melalui jalan bersedekah. Karena itu, saat ini Muhammadiyah menghadapi tantangan yang tidak ringan. Pasalnya, sebagai persyarikatan yang memiliki aset sangat banyak, tapi ternyata masih banyak juga warga Muhammadiyah yang masih belum sejahtera.

 

Ujian promosi sendiri, tidak berjalan seserius sebagai mana lazimnya. Beberapa kali, para menguji dan para tamu terdengar melepas tawa. Terlebih ketika para penguji, mengaitkan acara sidang dengan kondisi politik mutakhir. Antara lain soal mundurnya menteri sosial Idrus Marham, dan perang tagline antara ganti presiden dengan dua periode.

Tags:

Berita Terkait