Begini Motivasi Ketua MPR ke Mahasiswa Baru UIN
Pojok MPR-RI

Begini Motivasi Ketua MPR ke Mahasiswa Baru UIN

Belajar dan terus bersyukur dan jujur adalah modal penting dalam menggapai tujuan.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Ketua MPR Zulkifli Hasan saat orasi kebangsaan di kampus UIN. Foto: Humas MPR
Ketua MPR Zulkifli Hasan saat orasi kebangsaan di kampus UIN. Foto: Humas MPR

Sejak pagi di Lapangan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, 30 Agustus 2018, berkumpul ribuan mahasiswa. Di antara ribuan mahasiswa itu, 6200 di antaranya adalah mahasiswa baru. Mereka berada di sana untuk mengikuti penutupan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), dulu disebut ospek. Dalam penutupan acara, digelar berbagai macam pertunjukan seni dan budaya serta membuat bendera merah-putih raksasa yang disusun dari potongan-potongan karton.

 

Acara yang digelar di tengah terik matahari yang bersinar kuat itu tak sekadar seni dan budaya yang dipersembahkan namun juga ada orasi ilmiah, baik dari kalangan mahasiswa maupun Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany. Puncak dari acara itu adalah orasi kebangsaan dari Ketua MPR Zulkifli Hasan.

 

Saat Zulkifli Hasan tiba, gemuruh mahasiswa menyambut kedatangannya. Mereka melambai-lambaikan tangan kepada pria asal Lampung itu. Setelah dipersilahkan oleh panitia, Zulkifli Hasan menyampaikan orasi kebangsaan. Setelah memberi salam, ia mengucapkan mengucapkan selamat kepada mereka yang telah diterima di UIN. “Ini merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia,” ujarnya.

 

Untuk itu diharap mereka bersyukur sebab bisa diterima di UIN. Menurutnya bila   bersyukur, maka Allah akan menambah nikmat. Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam Alquran. Diungkapkan masih banyak lulusan SMA yang tidak bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi karena berbagai macam alasan. “Bisa jadi karena alasan ekonomi, bisa pula karena tidak lolos seleksi," katanya.

 

Memasuki dunia baru, perguruan tinggi, Zulkifli Hasan mendorong mereka untuk mengoptimalkan apa yang dimiliki. Untuk itu diharapkan mereka ke depannya lebih baik daripada dirinya. "Saya yang lulusan PGAN saja bisa menjadi Menteri Kehutanan dan Ketua MPR, apalagi kalian yang kuliah di sini," harapnya.

 

Untuk menjadi yang lebih baik, Zulkifli Hasan menyarankan agar para mahasiswa menjadi orang yang tangguh, tak suka mengeluh, dan tidak hobby menyalahkan orang lain. “Kita habisi sikap-sikap yang negatif,” paparnya.

 

Dalam dunia yang selalu terbuka, Zulkifli Hasan menyarankan agar mahasiswa memegang prinsip kejujuran, integritas, dan tak manipulatif. "Kejujuran adalah modal penting kita di tengah masyarakat", tegasnya. “Kita berbuat yang wajar-wajar saja, jangan manipulatif,” tambahnya.

Tags:

Berita Terkait