Sekjen MPR Resmi Tutup LCC Empat Pilar MPR
Pojok MPR-RI

Sekjen MPR Resmi Tutup LCC Empat Pilar MPR

Banyak manfaat yang didapat para peserta selama mengikuti rangkaian kegiatan LCC.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Foto: Humas MPR
Foto: Humas MPR

Pada Minggu (2/9), telah rampung rangkaian final dan grand final Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar MPR Tahun 2018 yang telah berlangsung sejak 25 Agustus 2018 lalu. Sebelum menutup secara resmi gelaran final dan grand final LCC Empat Pilar MPR RI 2018, Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono mengucapkan selamat kepada para Juara Nasional LCC Empat Pilar MPR RI Tahun 2018 dan ucapan selamat kepada para finalis yang luar biasa mampu menjadi finalis lomba taraf nasional.

 

Pada kesempatan tersebut, Ma’ruf juga menggelar seremoni penutupan rangkaian kegiatan HUT MPR ke-73 di Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta. Dalam sambutannya, Ma’ruf mengatakan bahwa rangkaian kegiatan ini berjalan dengan baik.

 

“Prestasi kalian seluruh para peserta finalis merupakan bukan hanya kebanggaan luar biasa buat kalian, sekolah dan daerah kalian masing-masing tapi kebanggan kita semua kebanggaan Indonesia. Saya lihat pada tayangan visualisasi perjalanan kalian selama mengikuti kegiatan sangat ceria, penuh semangat dan memang itulah generasi kebanggaan bangsa selalu ceria dan optimis,” katanya.

 

Diungkapkan Ma’ruf, banyak sekali manfaat yang didapat para peserta selama mengikuti rangkaian kegiatan LCC. Selain menambah ilmu pengetahuan, membanggakan diri sendiri, sekolah, orang tua dan daerah, para peserta juga berkesempatan melihat dan merasakan secara riil, nyata, langsung nuansa kebhinnekaan sebab, para peserta memang perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia.

 

“Kalian menjadi saling mengenal, menjadi lebih paham apa rati kebhinnekaan dan menjadi lebih mengerti apa arti menjaga kebhinnekaan dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.  Dan selepasnya kalian para peserta dari Jakarta kembali ke daerah masing-masing diharapkan kalian mengimplementasikan ilmu dan apa yang kalian dapat di lingkungan masing-masing,” ujarnya.

 

Lebih jauh, Ma’ruf mengatakan bahwa MPR RI sebagai lembaga yang memiliki tugas untuk terus menerus menginternalisasikan nilai-nilai Empat Pilar MPR RI yang merupakan penyelenggara, sebagai fasilitator LCC Empat Pilar 2018 merasa sangat bangga karena telah mendapatkan apa yang diharapkan dari digelarnya LCC Empat Pilar 2018 ini yaitu tumbuh makin tingginya rasa cinta dan nasionalisme semua peserta terhadap tanah air.

 

Di tengah-tengah acara, Ma’ruf memberikan hadiah kejutan tambahan kepada para para Juara Nasional LCC Empat Pilar MPR RI 2018 yakni berupa plakat untuk masing-masing sekolah pemenang serta laptop untuk masing-masing siswa peserta grand finalis LCC Empat Pilar MPR RI 2018.

 

Lalu dilanjutkan dengan pengumuan para pemenang Lomba Pentas Seni dan Budaya dalam rangkaian kegiatan LCC Empat Pilar MPR RI 2018 yakni Juara Harapan I SMAN 1 Wonosobo, Juara Harapan II SMAN 2 Merauke Provinsi Papua, Juara Harapan III SMAN 3 Kundur Provinsi Kepri, Juara III SMAN 12 Ambon Provinsi Maluku, Juara II SMAN 11 Samarinda Provinsi Kalimantan Timur dan Juara I SMK Negeri 1 Kota Sukabumi Provinsi Jawa Barat.  Para pemenang selain menerima  sertifikat dan piala juga menerima dana pembinaan.  Di sesi akhir, Sesjen MPR RI Ma’ruf Cahyono menutup secara resmi gelar Final dan Grandfinal LCC Empat Pilar MPR Tahun 2018.

Tags:

Berita Terkait