Melalui Festival Seni Budaya, Sosialisasi 4 Pilar Dihadiri Ratusan Pelajar
Pojok MPR-RI

Melalui Festival Seni Budaya, Sosialisasi 4 Pilar Dihadiri Ratusan Pelajar

Merawat dan menjaga kedamaian di tengah keberagaman.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Foto: Humas MPR
Foto: Humas MPR

Sekretariat Jenderal MPR RI bekerjasama dengan SMA Negeri 5 Jambi menggelar acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI melalui Festival Seni Budaya antar SMA Se-Provinsi Jambi. Tema yang diusung “Melestarikan Seni Budaya, Merawat Kebhinnekaan Kita”. Kegiatan tersebut menampilkan beragam kesenian yang diikuti oleh ratusan pelajar se-Jambi, bertempat di lapangan SMA Negeri 5, Jl. Arif Rahman Hakim No. 50 Kota Jambi.

 

Acara Festival ini dihadiri oleh M. Syukur (anggota MPR dari unsur DPD) yang mewakili pimpinan MPR RI. Dalam kesempatan itu tampak pula Djoni Rolindrawan, Neng Eem Marhamah Zulfa (Anggota Banggar MPR RI), Fachrori Umar (Plt. Gubernur Jambi), Irjen Pol. Muchlis (Kapolda Jambi), Agus Hariyanto (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi), Harun Sohar (Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Kota Jambi) dan Siti Fauziah (Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal MPR RI) serta ratusan pelajar SLTA se-Jambi.

 

Dalam sambutan sebagai panitia pelaksana acara sosialisasi ini, Siti Fauziah bertanya mengapa sosialisasi Empat Pilar dilakukan lewat pentas seni dan budaya? Kepala Biro Humas itu menerangkan bahwa cara yang paling tepat untuk anak anak muda melalui pentas seni dan budaya.

 

Lebih lanjut dikatakan, dengan pentas seni dan budaya, para pemuda sudah menunjukkan perilaku Empat Pilar. Siti Fauziah mengatakan dalam mempersiapkan acara hingga pelaksanaan, para pelajar telah berperan serta aktif dalam ikut melestarikan budaya "Yang merupakan sikap dan perilaku Pancasila," ujarnya.

 

Selain dapat melestarikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam budaya itu, kegiatan bersama seluruh pelajar telah menunjukkan bahwa generasi muda kita juga mengimplementasikan nilai Pancasila yang lain, yakni Persatuan. "Meski para siswa beragam, namun semua bisa bersatu," paparnya.

 

Siti Fauziah kembali mengakui bahwa sosialisasi Empat Pilar akan mengena bila dilakukan dengan berkesenian. "Lewat pesan saat berkesenian bahasanya lebih mudah dimengerti," paparnya.

 

Mewakili Pimpinan MPR RI, M. Syukur dalam sambutannya mengatakan, alasan sosialisasi Empat Pilar diadakan di lapangan SMA Negeri 5, Kota Jambi, karena di sekolah ini bisa dijadikan contoh bagaimana nilai Bhinneka Tunggal Ika bisa hidup. "Budaya Bhinneka Tunggal Ika ada di sini," ujarnya dengan bangga.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait