Ketua MPR Ajak Masyarakat Perkuat Rupiah
Pojok MPR-RI

Ketua MPR Ajak Masyarakat Perkuat Rupiah

Jika ada yang memiliki dolar, dapat dijual dahulu untuk membantu meredakan tekanan terhadap Rupiah.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Ketua MPR Zulkifli Hasan. Foto: Humas MPR
Ketua MPR Zulkifli Hasan. Foto: Humas MPR

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meminta, jatuhnya rupiah tidak disambut kepanikan. Semua tetap tenang, dan tidak saling menyalahkan, atau bahkan mencari kambing hitam atas terjadinya peristiwa itu. Sebaliknya, naiknya dolar Amerika, itu harus  menjadi momentum panggilan bela negara, sekaligus untuk mempererat persatuan. Karena imbas kenaikan dolar, akan mudah dihadapi kalau seluruh komponen bangsa bersatu.

 

"Naiknya dolar, bisa menyebabkan kesulitan buat kita semua, karena itu kita harus bersatu. Yang punya dolar, jual dahulu, untuk membantu meredakan tekanan terhadap rupiah," kata Zulkifli Hasan.

 

Pernyataan itu disampaikan Zulkifli Hasan menjawab pertanyaan wartawan usai melaksanakan diskusi Empat Pilar di hadapan anggota Majelis Taklim Nuzulul Khikmah,  Pekon Tanjung Kemala, Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus Lampung. Acara tersebut berlangsung di Pekon Tanjung Kemala, Rabu (5/9) malam.

 

Saat ini, menurut Zulkifli, pemerintah tengah berjuang untuk mengurangi tekanan rupiah terhadap dolar. Berbagai program sudah dilakukan, agar penurunan nilai rupiah bisa dikendalikan. Upaya yang sudah dilakukan pemerintah, itu antara lain, menghentikan impor barang mewah, dan menunda pembangunan infrastruktur yang memiliki kandungan barang impor sangat besar.

 

"Kita berharap ada peningkatan nilai ekspor sehingga mampu mendatangkan devisa. Selain itu para eksportir juga diminta memulangkan devisanya, inilah sikap-sikap yang bisa dilakukan sebagai bagian belakang negara," katanya.

 

Zulkifli percaya, kalau semua anggota masyarakat bersatu memenuhi panggilan bela negara untuk memperbaiki nilai rupiah, krisis yang menimpa bangsa Indonesia saat ini akan segera teratasi. Sebaliknya, jika situasi ini malah dimanfaatkan oleh beberapa oknum bangsa Indonesia, maka kejatuhan nilai rupiah itu akan menimbulkan kesusahan bagi seluruh bangsa Indonesia.

Tags:

Berita Terkait