Pancasila Bikin Cemburu Bangsa Lain
Pojok MPR-RI

Pancasila Bikin Cemburu Bangsa Lain

Karena Pancasila mampu mempersatukan bangsa Indonesia yang sangat beragam suku, agama dan budaya yang terpisahkan oleh ribuan pulau.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Wakil Ketua MPR RI Mahyudin. Foto: Humas MPR
Wakil Ketua MPR RI Mahyudin. Foto: Humas MPR

Wakil Ketua MPR RI Mahyudin mengingatkan masyarakat  agar memiliki kecintaan dan kebanggaan tinggi terhadap Pancasila.  Hal tersebut akan membuat  Pancasila  sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang beragam.

 

"Pancasila sangat hebat mampu mempersatukan bangsa Indonesia yang sangat beragam tidak ada negara yang kemajemukannya seperti Indonesia yang  terdiri dari ratusan suku, berbeda agama dan budaya dan terpisahkan oleh ribuan pulau tapi kuat merekat menjadi satu karena Pancasila" ujar Mahyudin, saat memberikan orasi kebangsaan dalam acara pelantikan DPD Ormas MKGR Provinsi Kalimantan Timur, di ballroom hotel Selyca Mulia, kota Samarinda, Kalimantan Timur, Jumat (7/9/2018).

 

Dalam kesempatan itu, Mahyudin mengungkapkan alasan mengapa bangsa Indonesia harus cinta dan bangga pada Pancasila. Sebab, banyak yang iri dengan Indonesia dengan Pancasila nya.

 

"Saya pernah berbincang dengan Ketua Parlemen Yunani, dia bilang penuh keheranan kenapa Indonesia yang sangat beragam luar biasa bisa menyatu, itu sangat tidak mudah Indonesia sangat hebat," ucapnya.

 

Kebanggaan, lanjut Wakil Ketua MPR asal Kalimantan Timur ini, harus muncul dalam diri rakyat Indonesia. Sebab, Pancasila bukan diciptakan tapi digali dari nilai-nilai bangsa yang memang menjadi karakter bangsa sejak dulu yang kemudian dijadikan alat pemersatu bangsa.

 

"Kebanggaan tersebut juga harus muncul karena Pancasila sangat sakti sanggup bertahan mempertahankan negara ini dari berbagai upaya-upaya perusakan dan penggantian Pancasila sebagai ideologi negara salah satunya yang terbesar adalah aksi keras pengkhianatan PKI dalam G 30 S PKI dan sampai saat ini Pancasila tetap sakti tak tergoyahkan," ungkapnya.

 

Orasi Kebangsaan dalam rangka acara Pelantikan DPD Ormas MKGR Kaltim sendiri berlangsung selama 2 jam yang dihadiri Gubernur Kaltim Isran Noor, Ketua Umum DPP Ormas MKGR Roem Kono, pengurus dan ratusan anggota DPD Ormas MKGR Kaltim.

Tags:

Berita Terkait