MPR Rancang Sosialisasi Empat Pilar di Wilayah Perbatasan
Pojok MPR-RI

MPR Rancang Sosialisasi Empat Pilar di Wilayah Perbatasan

Kabupaten Sanggau terdiri dari 15 Kecamatan, namun berpenduduk sedikit. Bakal dipilih titik strategis untuk dilakukan sosialisasi.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Foto: Humas MPR
Foto: Humas MPR

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta menandatangani nota kesepemahaman dengan Ketua DPRD Sanggau, Jumadi. Nota kesepemahaman itu terkait dengan kesepakatan kerja sama untuk mensosialisasikan Empat Pilar di wilayah perbatasan. Sanggau adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Sebagai kabupaten berhimpit dengan Malaysia, sosialisasi ditujukan kepada masyarakat khususnya yang berada di perbatasan. Diakui oleh Oesman Sapta, di wilayah itu banyak anak muda yang perlu diberi sosialisasi. Kaum muda menurut pria asli Kalimantan Barat itu perlu digerakkan jiwa dan raganya sebab dari merekah dinamika bangsa ini terjadi.

Dikatakan OSO, anak-anak muda melakukan sumpahnya untuk Indoneisa pada 1928. Dirinya mengharap agar anak muda jangan mundur dalam memperjuangkan daerah dan bangsanya. “Anak-anak mudalah yang menggerakan dinamika sehingga Indonesia ada,” katanya.

Sementara Jumadi mengamini pandangan OSO. Menurutnya, sosialisasi emat pilar di Sanggau amatlah penting. Jumadi mengakui, dalam satu kabupaten tersebut terdapat 15 kecamatan. Dalam sosialisasi nanti akan dipilih titik-titik yang strategis sebab wilayah Sanggau luas dan masyarakatnya sedikit.

“Dengan sosialisasi, masyarakat akan menjadi paham apa itu dasar dan konstitusi negara. Ini sangat penting untuk diberikan di wilayah perbatasan”, tambahnya.

Sosialisasi yang akan digelar pada bulan Januari-Februasi 2019 itu akan diisi oleh anggota DPRD Sanggau, pemerintah, dan dirinya berharap Oesman Sapta ikut mensosialisasikan. “Karena beliau mendukung kegiatan ini," pungkasnya.

Tags:

Berita Terkait