KY Butuh Lulusan Sarjana Hukum di Empat Posisi Ini
Berita

KY Butuh Lulusan Sarjana Hukum di Empat Posisi Ini

Pendaftaran CPNS KY ini dimulai 26 September hingga 10 Oktober 2018 secara online melalui website https://sscn.bkn.go.id.

Oleh:
Aida Mardatillah
Bacaan 2 Menit
Gedung KY. Foto: RES
Gedung KY. Foto: RES

Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial Republik Indonesia juga membuka kesempatan bagi sarjana hukum dan sarjana lain yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Penerimaan CPNS KY Tahun 2018 ini berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kepmenpan dan RB) No. 93 Tahun 2018 tanggal 29 Agustus 2018 tentang Penerimaan CPNS Tingkat Sarjana (Golongan III) Setjen KY Tahun Anggaran 2018.

 

Terdapat 7 jabatan atau posisi yang ditawarkan. Empat jabatan diantaranya hanya khusus untuk lulusan sarjana hukum yakni Analis Rekrutmen Hakim; Analis Pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH); Investigator, dan Analis Hukum. Tiga jabatan lain dibutuhkan untuk lulusan sarjana lain yakni manajemen, akuntansi dan psikologi yakni Analis Kelembagaan, Analis Sumber Daya Manusia Aparatur, dan Auditor Ahli Pertama.

 

Dari 7 Jabatan yang tersedia itu dibutuhkan 21 formasi. Rinciannya, Jabatan Analis Rekrutmen Hakim untuk sarjana hukum dibutuhkan 2 formasi; Jabatan Analis Pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim dibutuhkan 3 formasi melalui jalur umum; 1 formasi untuk jalur cumlaude, 1 formasi untuk Papua dan Papua Barat.

 

Untuk Jabatan Investigator dibutuhkan 4 formasi; 1 formasi untuk jalur cumlaude; Jabatan Analis Hukum dibutuhkan 2 formasi melalui jalur umum masing-masing 1 formasi ditempatkan di Pusat Analisis dan Layanan Informasi dan Biro Perencanaan dan Kepatuhan Internal.

 

Sedangkan, formasi untuk sarjana lain ialah Jabatan Analis Kelembagaan dibutuhkan 2 formasi melalui untuk sarjana manajemen; Jabatan Analis Sumber Daya Manusia Aparatur dibutuhkan 2 formasi untuk sarjana psikologi dan manajemen; dan Jabatan Auditor Ahli Pertama dibutuhkan 2 formasi untuk sarjana akuntansi.

 

Syarat usia saat melamar dibatasi maksimal 35 tahun bagi lulusan sarjana. Sedangkan persyaratan akademik minimal Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.00 dari peserta jalur umum. Khusus pelamar yang berasal Papua dan Papua Barat minimal IPK 2.75. Persyaratan umum lain, berkelakuan baik atau tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap. Pelamar juga tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/Polri.

 

Pendaftaran CPNS KY ini dimulai 26 September hingga 10 Oktober 2018 secara online melalui website https://sscn.bkn.go.id dengan menyimpan user name dan password saat registrasi. Dengan mengisi formulir dan mengunggah dokumen yang dipersyaratkan. Seperti, kartu tanda penduduk, foto copy ijazah, foto copy transkip nilai, pas foto terbaru (latar belakang warna merah), surat lamaran dibubuhi materi 6000.  

Tags:

Berita Terkait