Rabu, 03 Oktober 2018

Practice Manual Hukum Ketenagakerjaan, Solusi Bagi Praktisi HR ‘Zaman Now’ 

​​​​​​​Tantangan yang tak jarang dihadapi para praktisi HR dan divisi hukum perusahaan adalah di saat mereka dituntut direksi atau klien untuk memberikan advis atau jawaban berkaitan dengan ketentuan hukum tertentu dengan cepat.
Tim Advertorial
Foto: Hukumonline

Masuknya era disrupsi digital, sangat mempengaruhi kegiatan kehidupan masyarakat. Masyarakat kini dapat dengan mudah mendapatkan layanan yang mereka butuhkan melalui internet. Kini Indonesia dihadapkan pada era revolusi industri 4.0. Era revolusi industri 4.0 ditandai dengan beragam teknologi baru yang lebih cepat berkembang ketimbang era sebelumnya. Tak terkecuali dalam industri jasa hukum dengan kehadiran legal technology.

 

Hukumonline.com sebagai penyedia layanan informasi hukum pertama di Indonesia menyadari bahwa disrupsi teknologi haruslah dimanfaatkan untuk semakin memudahkan masyarakat mengakses dan memahami hukum dan peraturan. Terutama informasi berkaitan dengan hukum ketenagakerjaan yang telah menjadi kebutuhan kalangan pengusaha maupun pekerja ‘zaman now’.

 

Salah satu tanggung jawab praktisi HR maupun divisi hukum di perusahaan-perusahaan antara lain adalah memberikan pemahaman mengenai hukum ketenagakerjaan kepada seluruh karyawan. Dalam praktiknya, praktisi HR ataupun divisi hukum seringkali harus mendatangi para karyawan yang tersebar di pabrik-pabrik atau kantor cabang di berbagai daerah untuk melakukan sosialisasi hukum ketenagakerjaan.

 

Tantangan lain yang tak jarang dihadapi para praktisi HR dan divisi hukum perusahaan adalah di saat mereka dituntut direksi atau klien untuk memberikan advis atau jawaban berkaitan dengan ketentuan hukum tertentu dengan cepat. Padahal, tidak setiap saat mereka dapat mengakses referensi yang dibutuhkan untuk memberikan informasi yang dibutuhkan.

 

Dalam upaya memberikan solusi terhadap masalah-masalah di atas, baru-baru ini Hukumonline.com meluncurkan aplikasi Practice Manual yang dapat membantu praktisi HR dan divisi hukum dalam melakukan pekerjaan mereka sehari-hari.

 

Dengan Practice Manual, praktisi HR dan divisi hukum tidak perlu membuka satu persatu undang-undang dan peraturan yang berkaitan dengan ketenagakerjaan. Hal ini karena Practice Manual dilengkapi dengan lebih dari 600 peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan, putusan judicial review Mahkamah Agung dan juga putusan Mahkamah Konstitusi.

 

Setiap isu dan topik di dalam Practice Manual terkategorisasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan fitur ini, Anda tidak merasa seperti membaca sistematika undang-undang yang kaku dan sulit dipahami. Sehingga, Anda dapat lebih mudah dan cepat menemukan peraturan-peraturan yang dibutuhkan, kapanpun dan di manapun.

 

Tak hanya itu, Practice Manual juga dilengkapi dengan artikel-artikel tanya jawab Klinik Hukumonline. Anda akan dapat dengan mudah memahami suatu isu hukum dari setiap tanya-jawab masalah hukum ketenagakerjaan. Fitur ini juga membuat Practice Manual juga dapat digunakan oleh para pekerja yang tidak memiliki latar belakang pendidikan hukum.

 

Ratusan peraturan ketenagakerjaan di dalam Practice Manual dimutakhirkan secara berkala, sehingga Anda akan selalu update dengan isu hukum yang sedang Anda ikuti. Untuk lebih mempermudah pekerjaan Anda, kami hadirkan pula fitur bookmark dan share. Tandai setiap konten yang sedang Anda pelajari, simpan lalu baca kembali untuk menjadi referensi dalam pekerjaan Anda atau bagikan dengan rekan kerja atau klien Anda.

 

 “Saya dapat dengan mudah memahami terkait dengan penggunaan TKA beserta ruang lingkup kerjanya selama berada di Indonesia, Hampir seluruh klien Perusahaan kami terdiri dari banyak sektor bisnis dan peraturan khusus mereka terkadang berbeda-beda tergantung Industrinya. Dengan adanya Practice Manual yang dimiliki oleh hukum online, kami dapat dengan mudah memberikan update para TKA kepada yang merupakan klien kami secara real-time, tanpa harus buka buku peraturan terlebih dahulu” ungkap Leo Irfan Hambali, Investment Consultant PT Fair Consulting Indonesia.

 

Sebagai praktisi HR, Anda selalu dihadapkan dengan penghitungan hak karyawan. Setiap harinya ada puluhan karyawan yang menanyakan hak mereka, terutama PHK. Dengan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah menghitung pesangon karyawan dengan Kalkulator Uang PHK.

 

“Perselisihan Hubungan Industrial merupakan isu krusial bagi perusahaan. Apabila tidak diselesaikan akan berdampak negatif pada citra perusahaan. Penting bagi setiap perusahaan untuk mendapatkan pemahaman yang baik dan benar mengenai isu ketenagakerjaan, salah satunya melalui Practice Manual. Kehadiran aplikasi baru ini, Anda sebagai HRD dan Legal perusahaan akan dapat dengan mudah mendapatkan solusi mengenai isu ketenagakerjaan langsung melalui ponsel Anda. Saya meyakini, dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bekerja lebih cepat, tepat tanpa penat serta selamat meraih hasil yang paling hemat,”pungkas Juanda Pangaribuan, Hakim Ad-Hoc Pengadilan Hubungan Industrial Jakarta Pusat, Periode 2006-2016.

 

Aplikasi Practice Manual Ketenagakerjaan telah tersedia di Google Play Store untuk Android. Pelajari manfaat fitur Practice Manual di sini, segera unduh Aplikasi Practice Manual dan nikmati akses Hukum Ketenagakerjaan: kapanpun dan dimanapun!

Pracitse Manual
 - Yudha Pratama Panjaitan
04.10.18 11:32
Saya ingin bertanya apakah aplikasi Practise Manual dapat di download di APP STORE ( hp pengguna APPLE)
Practice Manual
 - Alvin
10.10.18 10:14
Terima kasih atas tanggapannya. Mohon maaf untuk saat ini, Aplikasi Practice Manual hanya tersedia di Platform Android sementara untuk platform iOS masih dalam pengembangan.
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua