Beri Kuliah Umum, Ketua MPR Tekankan Sukses Hidup Adalah Pilihan
Pojok MPR-RI

Beri Kuliah Umum, Ketua MPR Tekankan Sukses Hidup Adalah Pilihan

Jika dalam upaya keras masih menemui hambatan, jangan lantas menyalahkan keadaan, kemiskinan atau menyalahkan orang tua. Perbanyak observasi, amati dan pelajari perilaku orang-orang sukses.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Foto: Humas MPR
Foto: Humas MPR

Generasi muda Indonesia termasuk mahasiswa yang berkualitas adalah yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Generasi muda seperti ini merupakan modal dasar negara Indonesia untuk maju ke depan. Namun, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi tidaklah cukup. 

 

Kualitas intelektualitas harus seiring sejalan dengan kualitas moral dan karakter yang sesuai dengan nilai luhur bangsa dan Pancasila. Jika dua hal tersebut, kualitas intelektualitas dan kualitas karakter berpadu maka akan muncul sumber daya manusia bangsa yang luar biasa mampu membuat perubahan bangsa.

 

Demikian disampaikan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa dan mahasiswi berbagai fakultas Universitas Ibnu Khaldun (UIKA), di aula UIKA, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/10/2018).

 

Menurutnya, dalam rangka memunculkan karakter yang berkualitas  Yakni dengan memahami nilai-nilai luhur bangsa. Dengan  mengimplementasikannya antara lain berusaha keras memahami diri dan meyakinkan diri bahwa kesuksesan atau keberhasilan serta keterpurukan dalam hidup itu adalah pilihan, tidak menyalahkan takdir apalagi menyalahkan orang tua dan kemiskinan.

 

"Sebagai generasi muda apalagi mahasiswa yang mampu mengenyam pendidikan tinggi sebab masih banyak generasi muda Indonesia yang tidak mampu menikmati pendidikan tinggi, generasi yang mampu menempuh pendidikan tinggi harus selalu mengupgrade diri, selalu meningkatkan nilai tambah lebih dari yang lain diatas rata-rata sehingga nilai 'jual' akan lebih dihargai tinggi," ujarnya.

 

Mulai dari sekarang, lanjut Zulhasan, para generasi muda mahasiswa memperbaiki diri sendiri dulu dengan cara belajar yang rajin dan giat. Lalu sering-sering melakukan observasi yakni dengan apa yang dimiliki sekarang mampu menghasilkan yang luar biasa.

 

Selain observasi diri, juga harus banyak membaca literatur dan sejarah orang-orang sukses juga sering mengikuti kuliah-kuliah umum atau seminar-seminar serta diskusi-diskusi yang membahas kesuksesan seseorang atau pengetahuan lainnya.

Tags:

Berita Terkait