​​​​​​​Daftar! Pengambilan Sumpah Advokat Periode Oktober dan November 2018  di Pengadilan Tinggi Seluruh Indonesia
Inforial

​​​​​​​Daftar! Pengambilan Sumpah Advokat Periode Oktober dan November 2018  di Pengadilan Tinggi Seluruh Indonesia

​​​​​​​Jangan lupa periksa alamat domisili Anda dan ajukan berkas untuk melengkapi persyaratan pengambilan sumpah advokat.

Oleh:
Tim Inforial
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi Pengangkatan dan Pengambilan Sumpah Janji Advokat.
Ilustrasi Pengangkatan dan Pengambilan Sumpah Janji Advokat.

Ribuan sarjana hukum lulus ujian profesi advokat setiap tahunnya. Selanjutnya mereka masih harus mengantri jadwal pengangkatan dan pengambilan sumpah. Sayangnya, baik jadwal ujian profesi advokat maupun pengangkatan dan pengambilan sumpah advokat sama-sama gaib. Tak ada ketentuan pasti untuk diprediksi kapan penyelenggaraannya.

 

Anda sudah lulus ujian yang diadakan oleh Organisasi Advokat namun belum kunjung dapat jadwal pengangkatan dan pengambilan sumpah advokat? Lagi-lagi kabar baik bahwa pada Oktober-November 2018 nanti akan diselenggarakan pengangkatan dan pengambilan sumpah advokat di 30 Pengadilan Tinggi se-Indonesia.

 

Menariknya biaya Sumpah dilakukan setelah tanggal sumpah keluar dari Pengadilan Tinggi. Dengan hanya melalui transfer ke nomor rekening Bank BJB 111 222 333 44 55 a.n. DPN PPKHI. Pembayaran juga bisa melalui ATM Bank manapun dengan kode Bank 110. Perlu diingat, tanda resi transfer yang asli harus ada.

 

Hukumonline.com

 

Periksa alamat domisili Anda dan ajukan berkas untuk melengkapi persyaratan pengambilan sumpah advokat. Hal ini sesuai dengan Pasal 4 ayat 1 UU No.18 Tahun 2003 tentang Advokat (UU Advokat). Calon advokat tidak bisa mengajukan sumpah di Pengadilan Tinggi yang bukan di wilayah domisili hukumnya.

 

Pastikan berbagai syarat-syarat untuk diangkat sebagai advokat telah terpenuhi berdasarkan UU Advokat. Jika tidak lengkap, anda belum bisa ikut pengambilan sumpah sebagai advokat.

 

Pasal 2

(1) Yang dapat diangkat sebagai Advokat adalah sarjana yang berlatar belakang pendidikan tinggi hukum dan setelah mengikuti pendidikan khusus profesi Advokat yang dilaksanakan oleh Organisasi Advokat.

(2) Pengangkatan Advokat dilakukan oleh Organisasi Advokat.

(3) Salinan surat keputusan pengangkatan Advokat sebagaimana dimaksud pada ayat (2)

disampaikan kepada Mahkamah Agung dan Menteri.

 

Jika syarat-syarat sudah terpenuhi, maka Anda bisa mengirimkan berkas untuk mengikuti pengangkatan dan pengambilan sumpah advokat pada Oktober dan November 2018. Pendaftaran dibuka  pada 05 Oktober – 25 Oktober 2018 cukup melalui komunikasi telepon dan e-mail. Layanan pesan teks WhatsApp tersedia untuk komunikasi lewat nomor berikut: 0812 8860 4081 (Tedy), 0852 1355 6188 (Prama Aditya), 0822 7450 2612 (Suryadi). Salinan berkas dikirim melalui e-mail ke [email protected].

 

Untuk alamat pengumpulan berkas cetak dapat dikirimkan dengan kurir ke alamat kota masing-masing dengan menghubungi nomor telepon yang tertera di atas. Pastikan Anda melengkapi berkas berikut: surat keterangan tidak pernah di pidana sesuai KTP (dengan berdasarkan skck kepolisian),  fotokopi ijazah sarjana hukum yang dilegalisir, fotokopi KTP, pas foto 4x6 sebanyak 5 lembar (latar belakang merah), sertifikat pendidikan advokat, dan sertifikat lulus ujian advokat.

Tags:

Berita Terkait