Jumat, 19 Oktober 2018

31 Ribuan Pendaftar CPNS MA Bakal Jalani SKD

Aida Mardatillah

Masa pendaftaran Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Mahkamah Agung (MA) telah berakhir sejak pukul 23.59, Senin (15/10/2018). Dari total formasi yang dibutuhkan sebanyak 1.052, yang melamar CPNS MA ini totalnya berjumlah sekitar 35.756 pendaftar yang memilih beberapa formasi yang tersedia.

 

“Jumlah pelamar yang memenuhi syarat administrasi sebanyak 31.525 orang pelamar dari total keseluruhan pelamar sebanyak 35.756 pendaftar,” ujar Sekretaris MA, Achmad Setyo Pudjoharsoyo dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (18/10/2018).

 

Pudjo mengatakan setelah tahap seleksi administrasi ini, peserta yang dinyatakan lulus akan mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan bantuan alat bantu sistem komputer (computer assisted test). “Jadwal pasti pelaksanaan SKD, nanti akan diumumkan melalui website MA,” kata dia.

 

Dia menjelaskan dari jumlah 31.525 itu, dilihat berdasarkan jenis kelamin, terdapat 17.616 orang atau setara 50,5 persen berjenis kelamin perempuan. Sisanya sebanyak 17.263 orang atau setara 49,5 persen berjenis kelamin laki-laki. “Sebanyak 33.867 orang mendaftar dari jalur umum, sebanyak 912 orang dari jalur cumlaude; 68 orang dari jalur disabilitas; dan 32 orang dari jalur Papua dan Papua Barat,” sebutnya.

 

Seperti diketahui, berdasarkan Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 65 Tahun 2018, MA mendapat formasi 1.052 CPNS. Rinciannya, formasi 325 orang untuk analis perkara peradilan; 390 orang analis sumber daya manusia; 184 orang pengelola sistem dan jaringan; 53 orang pranata komputer ahli pertama; dan 100 orang analis kepegawaian ahli pertama.

 

Dari jumlah 1.052 orang itu, sebanyak 914 orang diperuntukkan untuk jalur umum; 105 orang melalui jalur cumlaude; 11 orang formasi khusus Papua dan Papua Barat; dan 22 orang untuk penyandang disabilitas. (Baca juga: MA Butuh Ratusan Sarjana Hukum, Ini Formasinya)

 

Bagi peserta yang lulus seleksi administrasi wajib mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian melalui situs https://sscn.bkn.go.id yang diumumkan pada 18 Oktober 2018. Lalu, para peserta menjalani Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di 30 provinsi yang direncanakan pada 24 Oktober-2 November 2018. Jika peserta lulus SKD, berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang rencananya digelar pada 14-17 November 2018 di 10 lokasi yang ditentukan Panitia CPNS MA.   

 

Seleksi SKD dan SKB ini menggunakan Sistem Computer Assited Test (CAT) BKN dengan bobot 40 persen dan 60 persen yang diintegrasikan sesuai Permenpan dan RB No. 37 Tahun 2018. Kemudian, peserta dengan ranking tertinggi sesuai jumlah formasi dinyatakan lulus seleksi CPNS MA yang ditetapkan oleh Panitia Seleksi Nasional yang akan diumumkan pada 26 November 2018 di website MA.

Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua