Sultan Hamengkubuwono X: Pemilu Harus Berjalan Aman
Pojok MPR-RI

Sultan Hamengkubuwono X: Pemilu Harus Berjalan Aman

Agar berdampak besar terhadap jalannya aktivitas perekonomian rakyat.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Sri Sultan Hamengkubuwono X. Foto: Humas MPR
Sri Sultan Hamengkubuwono X. Foto: Humas MPR

Penyelenggaraan pemilihan presiden sedianya mesti berjalan aman dan lancar. Sehingga masyarakat menjadi nyaman. Setidaknya masyarakat dapat menjalankan aktivitas di ruang publik dalam kegiatan ekonomi. "Saya hanya berharap bagaimana pemikiran maupun Pilpres bisa  berlangsung nyaman dan aman di ruang publik," kata Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam acara Press Gathering Pimpinan MPR di Yogyakarta, Jumat (19/10).

 

Menurutnya, kondisi aman dan nyaman berdampak positif bagi aparat keamanan dalam menjalankan tugasnya. Namun demikian, pelaksanaan pemilihan umum di Tempat Pemilihan Umum (Pemilu) dapat berjalan secara bebas, umum dan rahasia. Dengan begitu, terpilihnya presiden dan wakil presiden dapat dihormati seluruh komponen masyarakat.

 

Lebih lanjut Sri Sultan berpendapat bila Capres dan Cawapres hanya dua pasangan calon berpotensi besar terjadinya "pertarungan" hebat. Padahal dalam menjalankan negara, pilihan dalam melaksanakan demokrasi berada di tangan rakyat. Dengan kata lain, kedaulatan ada di tangan rakyat. "Tapi itu bukan tujuan, tapi alat," ujarnya.

 

Karena itu, pemerintah berkewajiban menghargai dan mensejahterakan bangsa sesuai dengan tujuan para pendiri bangsa di awal. Yakni, niat para pendiri bangsa ketika menyatakan diri membentuk negara Indoensia. Sri Sultan punya berharap para partai politik dapat memunculkan calon presiden dengan cara terlebih dahulu merenung dan mengevaluasi sebelumnya.

 

"Kemerdekaan 73 tahun ini apakah sesuai dengan tujuan founding father gak sih," pungkasnya.

Tags:

Berita Terkait