Minggu, 18 November 2018

Di Era Industri 4.0, Lawyer Berkompetisi Sengit dengan Robot

Meski membantu kerja lawyer, tapi ada skill tertentu yang akan sulit tergantikan oleh robot.
Hamalatul Qur'ani
Ilustrasi: youtube.com

Memasuki era industri 4.0, beragam produk Artificial Intelligence (AI) mulai bermunculan. Adanya robot hukum dengan daya analisis tercanggih, tingkat akurasi tinggi hingga mampu menyelesaikan pekerjaan hanya dalam hitungan detik menjadi sebuah pertanyaan, akankah kecanggihan arus teknologi industri 4.0 ini mematikan peran lawyer di masa depan?

 

Ketimbang memposisikan kecepatan AI sebagai ancaman, lawyer pada firma hukum AYMP Atelier of Law, Ibrahim Senen, justru memandangnya sebagai peluang untuk membuat pekerjaan lawyering lebih efisien. Menurutnya, penyelesaian pekerjaan bisa dilakukan secara kombinasi.

 

Untuk persoalan yang bisa diselesaikan dengan teknologi bisa diselesaikan dengan teknologi. Sehingga sisa waktu lainnya bisa di-spend untuk meningkatkan soft skill, belajar kembali (relearn), melakukan pekerjaan yang sifatnya human touch (hanya manusia yang bisa melakukannya), bahkan akan ada waktu yang cukup juga untuk balancing life.

 

“Untuk menjadi lawyer hebat memang kita harus kerja cerdas, yakni dengan meng-combine teknologi yang ada saat ini dengan kemampuan yang ia miliki, sehingga tak ada lagi alasan saya kerja keras menjadi lawyer, jadi saya pulang malam,” kata Ibrahim dalam talk showinspiratif bertema “Profesi Hukum untuk Generasi Milenial di Era Industry 4.0”, di Jakarta, Kamis (15/11).

 

Bisa dibayangkan, kata Ibrahim, lawyer butuh waktu sekitar 160 menit untuk me-review 5 dokumen Non-Disclosure Agreements (NDAs). Bila ia mengkombinasikan pekerjaannya dengan teknologi maka dia akan memiliki banyak waktu untuk belajar. Lawyer juga bisa memperdalam pengetahuan khususnya untuk ilmu-ilmu dasar, sehingga pondasi rumah keilmuan yang dimiliki dapat berdiri kokoh.

 

“Di era industri 4.0 ini, nantinya bukan lagi lawyer yang pulangnya pagi yang hebat. Kalau masuk pagi dan pulangnya pagi, kapan punya hidup? Yang ada mati cepat, bukan cepat menjadi partner,” tukas Ibrahim.

 

(Baca: Disrupsi Teknologi, Masa Depan Lawyer Indonesia Masih Cerah)

 

Sekadar informasi, Lawgeek sebuah perusahaan pengembang AI di Amerika Serikat telah mengadakan adu kemampuan AI buatannya yang berhadapan dengan sebanyak 20 Top US Lawyer dari firma hukum ternama AS, seperti K & L Gates, Goldman Sachs, Alston & Bird dan Cisco.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua