Semarak Hari Anti Korupsi Sedunia 2018
Foto Essay

Semarak Hari Anti Korupsi Sedunia 2018

Dalam perhelatan Hakordia Sedunia 2018, ketua dan pimpinan partai politik berjanji dan berkomitmen demi kebaikan Indonesia.

Oleh:
Resa Esnir
Bacaan 2 Menit
Foto: RES
Foto: RES

Peringatan Hari Anti Korupsi (Hakordia) Sedunia kembali digelar. Hakordia diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Selasa dan Rabu, 4-5 Desember 2018 di Jakarta. Peringatan Hakordia Sedunia 2018 ini resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Hukumonline.com

Usai dibuka oleh Jokowi, acara dilanjutkan dengan Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi (KNPK). Penyelenggaraan KNPK ke 13 mengusung tema “Mewujudkan Sistem Integritas Partai Politik Indonesia”.

Hukumonline.com

Tema tersebut diangkat dalam rangka mewujudkan pesta demokrasi yang berintegritas melalui pelaksanaan Pemilu Presiden dan Legislatif serentak tahun 2019. Ketua KPK Agus Rahadjo mengatakan, dalam perhelatan ini ketua dan pimpinan partai politik berjanji dan berkomitmen demi kebaikan Indonesia.

Hukumonline.com

Konferensi Nasional ini menghadirkan pembicara Ketua KPK Agus Raharjo, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dan Menteri dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Selain itu, hadir pula ketua umum/sekjen dari 16 partai politik peserta pemilu 2019 yang menandatangani komitmen implementasi sistem integritas di partai politik.

Hukumonline.com

Dalam perhelatan ini, KPK melibatkan sebanyak 57 instansi mulai dari kementerian, lembaga dan pemerintah daerah. Selain itu, sebanyak 20 organisasi masyarakat sipil dan pusat kajian antikorupsi turut meramaikan acara, begitu juga 16 perwakilan dari partai politik.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menuturkan, terdapat sejumlah fokus utama dalam acara ini. Tujuannya untuk mendorong partai politik membangun sistem politik berintegritas.

Hukumonline.com

"Karena itu 16 parpol yang sudah diundang akan menandatangani komitmen bersama melakukan pemberantasan korupsi atau pencegahan korupsi bersama-sama," ungkap Febri.

Tags: