Semarak Meriahnya Hukumonline Pro Bono Awards 2018
Foto Essay

Semarak Meriahnya Hukumonline Pro Bono Awards 2018

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly mendorong agar para advokat semakin sering terlibat dalam kegiatan pro bono.

Oleh:
Resa Esnir
Bacaan 2 Menit
Foto: RES
Foto: RES

Di penghujung tahun 2018, Hukumonline menggelar Hukumonline Awards 2018 Indonesia Pro Bono Champions. Penghargaan ini ditujukan kepada kantor hukum dan advokat yang konsisten mengerjakan kegiatan pro bono sepanjang periode 1 September 2017 hingga 31 Agustus 2018.

Hukumonline.com

Salah satu alasan digelarnya acara ini lantaran Hukumonline ingin melihat budaya praktik pro bono di tiap kantor hukum. Hal ini penting mengingat kantor hukum merupakan jembatan bagi para advokat yang memiliki passion dalam melakukan kegiatan pro bono.

Hukumonline.com

Perhelatan yang digelar di Graha Pengayoman Gedung Kementerian Hukum dan HAM ini berlangsung meriah. Dibuka dengan laporan dari Komisaris Utama Hukumonline Ahadi Bayu Tejo, pagelaran tahunan yang pertama kali digelar Hukumonline ini disambut baik oleh pelbagai stakeholder.

Hukumonline.com

Total responden dalam survei sebanyak 57 responden atau kantor hukum yang tersebar di 16 Provinsi di Indonesia, mulai Aceh hingga Papua. Terdapat 15 pemenang dari ajang penghargaan tahunan ini yang terdiri dari 12 kantor hukum dan 3 pemenang individu (advokat). Sebanyak 9 kategori penghargaan dalam ajang ini.

Hukumonline.com

Tentu saja penghargaan ini melalui penilaian ketat, bahkan tiga juri independen sengaja diundang Hukumonline untuk menilai para pemenang kategori individu. Kegiatan pro bono yang dimaksud adalah kegiatan litigasi dan non litigasi sesuai Peraturan Peradi Nomor 1 Tahun 2010. 

Hukumonline.com

Penyerahan piagam penghargaan tersebut diberikan langsung Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H Laoly dan didampingi jajaran pejabat seperti Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Bambang Rantam Sariwanto, Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) R. Benny Riyanto serta anggota Komisi III DPR Arsul Sani.

Hukumonline.com

Sejumlah pimpinan organisasi advokat pun turut hadir. Bahkan, para nominator dari berbagai jenis kantor hukum, hingga berasal dari ujung Timur Indonesia, Merauke, ikut meriahkan acara ini.

Tags: