Jumat, 21 December 2018

Kisah Pro Bono Advokat dari Ujung Timur Indonesia

Menegakkan kehormatan profesi advokat dengan komitmen pro bono.
Normand Edwin Elnizar
Efrem Fangohoy dan Dewi Dyan Lampita. Foto: RES

Ada tamu spesial yang hadir di tengah ratusan tamu undangan pada penyerahan Hukumonline Awards 2018, Jumat (20/12) kemarin. Selain Menteri Hukum dan HAM dan jajaran pejabat teras di bawahnya, tamu ini terasa lebih spesial karena Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly pun menyapanya secara khusus di tengah pidato sambutan. Tamu spesial ini adalah tiga orang advokat yang datang dari wilayah timur Indonesia di Manado bahkan yang paling timur, Merauke, Papua.

 

Survei yang diadakan oleh Hukumonline dalam rangkaian Pro Bono Champion 2018 berhasil menjaring responden dari 16 provinsi di Indonesia. Masing-masing mewakili wilayah barat, tengah, dan timur Indonesia. Dua kantor hukum yang mewakili wilayah timur Indonesia berasal dari Manado, Sulawesi Utara dan Merauke, Papua.

 

Seluruh responden mendapatkan undangan khusus untuk ikut hadir pada acara penganugerahan Hukumonline Award 2018 di Graha Pengayoman, Kementerian Hukum dan HAM. Termasuk Ferley Bonifasius Kaparang dari kantor hukum Kaparang & Partners di Manado dan Efrem Fangohoy bersama Dewi Dyan Lampita dari kantor hukum Efrem Fangohoy & Rekan di Merauke.

 

“Kami datang khusus untuk memenuhi undangan ini, momen seperti ini mungkin tidak akan datang dua kali, untuk bisa berbagai pengalaman” kata Efrem saat diwawancarai Hukumonline usai acara. Bersama dengan Dewi, satu-satunya rekan di kantornya, Efrem menuju lokasi acara langsung setelah mendarat di Bandar Udara Soekarno Hatta. Keduanya datang tepat waktu sebelum acara dimulai meskipun baru saja menempuh perjalanan sangat jauh dari Merauke.

 

Lain lagi dengan Ferley yang sempat dilarang hadir oleh istrinya. “Istri saya awalnya keberatan,” katanya sambil tertawa. Kehadiran Ferley ini memang sekaligus untuk menerima secara langsung dua nominasi penghargaan yang diraih kantornya.

 

Hukumonline sempat mengira bahwa Ferley dan Efrem sama-sama punya rencana sambil merayakan natal di Jakarta. Rupanya mereka akan segera kembali ke kota masing-masing untuk merayakan natal bersama dengan keluarga yang akan tiba beberapa hari lagi saja. Hukumonline pun tidak menyiakan kesempatan untuk mendengarkan langsung bagaimana para advokat dari timur jauh Indonesia ini mampu konsisten menjalankan pro bono.

 

Efrem dan rekannya Dewi adalah dua dari sembilan orang advokat yang ada di kota Merauke. “Di Merauke cuma sembilan,” kata Efrem yang mengaku sebagai advokat paling senior di Merauke. Ia sudah berpraktik selama 23 tahun dan saat ini menjabat Sekretaris DPC Perhimpunan Advokat Indonesia yang dipimpin oleh Fauzie Yusuf Hasibuan.

Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua