12 Calon Hakim Agung Jalani Seleksi Wawancara
Aktual

12 Calon Hakim Agung Jalani Seleksi Wawancara

Oleh:
Agus Sahbani
Bacaan 2 Menit
12 Calon Hakim Agung Jalani Seleksi Wawancara
Hukumonline

Ketua Komisi Yudisial (KY) Jaja Ahmad Jayus secara resmi membuka wawancara terbuka Seleksi Calon Hakim Agung (CHA) Tahun 2018, Kamis (3/1) di Auditorium KY, Jakarta.

 

Seleksi wawancara terbuka ini sebagai serangkaian tahapan akhir dari proses seleksi CHA yang dilakukan oleh Anggota KY dan Panel Ahli yang terdiri dari mantan hakim agung, pakar, dan/atau negarawan. 

 

Dalam keterangan pers yang diterima, Tim Panel Ahli dalam wawancara kali ini yakni Bagir Manan, Nasaruddin Umar, dan Haedar Nahsir dari unsur pakar/negarawan. Sementara tim pakar teknis terdiri dari Atja Sondjaja (Perdata), Hary Djatmiko (TUN khusus pajak), Abdul Manan (Agama), Parman Soeparman (Pidana) dan Iskandar Kamil (Militer).

 

Wawancara ini berlangsung selama tiga hari pada Kamis hingga Senin (3-7/1/2019) yang diikuti oleh 12 CHA yang sebelumnya telah dinyatakan lulus seleksi kesehatan dan kepribadian. Baca Juga: 25 CHA Bakal Jalani Seleksi Kesehatan dan Kepribadian

 

Di hari pertama, peserta wawancara terbuka berasal dari Kamar Perdata, yaitu Ahmad Shalihin, Matheus Samiaji, Pahala Simanjuntak, Ridwan Mansyur, dan Suwidya Abdullah. Para calon akan menjawab pertanyaan dari tim panel yang terdiri dari 7 Anggota KY dan mantan Hakim Agung yaitu Bagir Manan dan Atja Sondjadja.

 

Di hari kedua, yaitu Sartono dari Kamar Tata Usaha Negara; Cholidul Azhar, Imron Rosyadi, dan Insyafli dari Kamar Agama. Para calon akan menjawab pertanyaan dari Anggota KY, Nasaruddin Umar, Hary Djatmiko, dan Abdul Manan.

 

Di hari ketiga, yaitu Moh. Puguh Haryogi dari kamar Pidana; sementara Kol. CHK (K) Tama Ulinta Br. Tarigan dan Kol. Tiarsen Buaton dari Kamar Militer. Para calon akan menjawab pertanyaan dari Anggota KY, Haedar Nahsir, Parman Soeparman, dan Iskandar Kamil.

Halaman Selanjutnya:
Tags: