Alasan Pertamina Turunkan Harga BBM Non-subsidi
Berita

Alasan Pertamina Turunkan Harga BBM Non-subsidi

Pertamina merilis harga baru BBM non-subsidi akhir pekan lalu. Namun, kebijakan tersebut dianggap lambat sehingga berpotensi rugikan masyarakat.

Oleh:
Mochamad Januar Rizki
Bacaan 2 Menit
Foto: SGP
Foto: SGP

Sejak 5 Januari lalu, PT Pertamina Persero mulai memberlakukan harga baru pada bahan bakar minyak non-subsidi di seluruh wilayah Indonesia. Terdapat penurunan harga pada masing-masing jenis BBM Non-Subsidi tersebut dengan jumlah yang berbeda-beda tergantung dengan jenisnya.

 

Turunnya harga minyak mentah dunia dan penguatan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat akhir-akhir ini menjadi faktor utama penurunan harga ini. Hal ini disampaikan Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, dalam keterangan persnya, Sabtu (4/1). Dia menjelaskan penyesuaian harga yang dilakukan Pertamina telah sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang berlaku.

 

“Kami telah berkordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, terutama pelanggan setia produk-produk Pertamina,” ujar Nicke.

 

Penyesuaian BBM non-subsidi tersebut berlaku mulai Sabtu tanggal 5 Januari 2019 pukul 00.00 waktu setempat. Sehingga, adapun jenis BBM yang mengalami penyesuaian harga sebagai berikut:

 

  • Pertalite turun sebesar Rp 150 per liter
  • Pertamax turun sebesar Rp 200 per liter
  • Pertamax Turbo turun sebesar Rp 250 per liter
  • Dexlite turun sebesar Rp 200 per liter
  • Dex turun sebesar Rp 100 per liter

 

Dengan turunnya harga BBM non-subsidi tersebut maka seluruh penyalur BBM non-subsidi harus menyesuaikan penetapan harga. Harga baru yang berlaku di beberapa daerah bisa berbeda-beda karena dipengaruhi oleh perbedaan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di masing-masing daerah.

 

Sebagai gambaran, untuk wilayah Jabodetabek mengalami perubahan sebagai berikut :

 

No

Produk

Harga Lama (per liter)

Harga Baru (per liter)

1

Pertalite

Rp 7.800

Rp 7.650

2

Pertamax

Rp 10.400

Rp 10.200

3

Pertamax Turbo

Rp 12.250

Rp 12.000

4

Dexlite

Rp 10.500

Rp 10.300

5

Dex

Rp 11.850

Rp 11.750

Tags:

Berita Terkait