Riuh Debat Perdana Pilpres
Foto Essay

Riuh Debat Perdana Pilpres

Dari waktu debat yang singkat strategi komunikasi publik dalam debat tentu menjadi penting.

Oleh:
Resa Esnir
Bacaan 2 Menit
Debat perdana Pilpres 2019. Foto: RES
Debat perdana Pilpres 2019. Foto: RES

Penyelenggaraan debat perdana pasangan capres-cawapres telah berlangsung selama dua jam, Kamis (17/1) malam. Dua pasangan calon, Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyampaikan visi misi mereka terkait sektor hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

Hukumonline.com

Sebelum debat terselenggara, sejak siang hari persiapan pengamanan dilakukan oleh 2.000 personel gabungan TNI-Polri. Bahkan tak tanggung-tanggung, pengamanan empat lapis pun dilakukan.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

“Kita hampir 2.000 personel gabungan TNI-Polri yang sudah kita siapkan melakukan pengamanan debat capres tersebut, itu dari jalur dilalui ke tempat lokasi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Argo Yuwono.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Dari pantauan Hukumonline.com, terdapat sejumlah jalur yang akan dilalui pasangan calon menuju arena debat diperketat pengamanannya. Khusus untuk Jokowi yang masih sebagai Presiden maka pengamanan akan dilakukan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Debat dibuka dengan penyampaian visi misi pasangan calon khususnya isu penegakan hukum, korupsi, HAM dan terorisme. Masing-masing kubu hanya memiliki waktu selama 12 menit untuk memaparkan visi misinya.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Dari waktu yang singkat itu, strategi komunikasi publik dalam debat tentu menjadi penting mengingat perumusan debat masing-masing pasangan calon dilakukan oleh tim debat masing-masing. Debat dipandu oleh dua moderator yang merupakan jurnalis senior, Ira Koesno dan Imam Priyono.

Hukumonline.com

Usai menyampaikan visi misi, secara bergantian pasangan calon mulai mendapat pertanyaan kisi-kisi dari enam panelis. Pertanyaan ini merupakan kisi-kisi yang sebelumnya sudah diberi tahu KPU kepada masing-masing pasangan calon.

Tags: