Berita

Siap-siap, Hukumonline Kembali Gelar Survei Peringkat Corporate Law Firm di Indonesia

Responden survei adalah corporate law firm yang menjadi pelanggan Hukumonline.
Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Hukumonline

Hukumonline.com kembali menggelar survei pemeringkatan corporate law firm (kantor hukum korporasi) terbesar di Indonesia. Survei ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya dilakukan Hukumonline pada awal tahun lalu. Pertanyaan yang diajukan dalam survei kali ini hampir sama dengan survei tahun lalu.

 

Hanya saja, ada sedikit penambahan pertanyaan dalam survei kali ini. Sesuai dengan perkembangan dunia digital belakangan ini, era disrupsi juga turut dirasakan oleh kantor hukum Indonesia. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat kantor hukum harus beradaptasi sehingga dapat bertahan dari derasnya disrupsi.

 

Survei ini dibalut dengan kuesioner yang disebar melalui surat elektronik atau email langsung kepada para responden. Responden survei adalah corporate law firm yang menjadi pelanggan Hukumonline.com. Batas akhir pengembalian survei adalah Jumat 8 Februari 2019.

 

Melalui self assessment atau mengisi sendiri kuesioner, kantor-kantor hukum tersebut diharapkan dapat memberikan informasi yang akurat seputar data kantornya. Satu kuesioner mewakili jawaban dari satu kantor hukum. Sehingga, akurasi dan efisensi pengisian survei terlaksana. Kuesioner ini bermaksud untuk melihat lebih jauh wajah kantor hukum yang bergerak di korporasi. 

 

 

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, korporasi (corporate) adalah perusahaan atau badan usaha yang berbadan hukum dan sangat besar atau beberapa perusahaan yang dikelola dan dijalankan sebagai satu perusahaan besar. Untuk itu, corporate law firm adalah law firm atau kantor hukum yang bidang praktiknya meliputi finansial, perbankan, pasar modal, infrastruktur, merger dan akuisisi, perpajakan, investasi, persaingan usaha, minyak energi dan batubara, telekomunikasi, kekayaan intelektual dan lainnya.

 

Secara keseluruhan, kuesioner ini dibagi atas lima subjudul. Kelimanya adalah informasi kantor hukum, practice area dan fee earners, afiliasi dan kantor cabang, penghargaan serta adopsi kantor hukum terhadap teknologi. Tiap subjudul, terdiri dari beragam pertanyaan, ada yang satu pertanyaan hingga lima pertanyaan tiap subjudul. Jenis pertanyaan juga beragam, ada yang pilihan hingga essay.

 

Berita Terkait