2019, PUSaKO Siap Perkuat Rubrik Klinik Hukumonline
Advertorial

2019, PUSaKO Siap Perkuat Rubrik Klinik Hukumonline

Oleh:
Tim Advertorial
Bacaan 2 Menit
Sumber: Twitter PUSaKO FH Universitas Andalas
Sumber: Twitter PUSaKO FH Universitas Andalas

PUSaKO akan menjawab pertanyaan mulai dari ilmu perundang-undangan dan legislasi, hak masyarakat adat, hak kekayaan intelektual, konstitusi ekonomi, kekuasaan kehakiman hingga hukum pemilu.

 

Terhitung dari Januari tahun ini, Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Fakultas Hukum Universitas Andalas telah resmi menjadi Mitra Klinik Hukumonline. Hal ini berawal dari MoU kerja sama antara Klinik Hukumonline dengan PUSaKO yang ditandatangani di Batusangkar, 10 November 2018, tepatnya pada acara Konferensi Hukum Tata Negara ke-5 dan Anugerah Konstitusi Muhammad Yamin lalu.

 

PUSaKO merupakan lembaga penelitian yang aktif melakukan kegiatan penelitian di bidang hukum tata negara dan kajian yang berkaitan dengan konstitusi. Di bawah naungan Fakultas Hukum Universitas Andalas, PUSaKO diresmikan pada 6 September tahun 2004 oleh Ketua Mahkamah Konstitusi pertama, Prof. Dr. Jimly Asshiddiqqi, bersama Dekan Fakultas Hukum Universitas Andalas periode 2002 sampai 2006, Prof. Dr. Takdir Rahmadi, S.H., LLM.

 

Dalam perjalanannya, PUSaKO aktif melakukan kegiatan penelitian di bidang Hukum Tata Negara dan kajian strategis di bidang hukum lainnya. Hal itu meliputi kajian terhadap perkembangan ketatanegaraan Indonesia, lembaga negara, hak asasi manusia, dan demokrasi.

 

Selain mengadakan kegiatan penelitian, PUSaKO juga aktif bekerja sama dengan beberapa lembaga negara, seperti Mahkamah Konstitusi (MK), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Komisi Yudisial (KY), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan lembaga negara lainnya dalam berbagai bentuk, mulai dari penyelenggaraan focus group discussion, penelitian putusan hakim sampai pada pemantauan persidangan korupsi di daerah. Saat ini PUSaKo dipimpin oleh seorang direktur yaitu Feri Amsari, S.H, M.H, LLM.

 

Sebagai Mitra Klinik Hukumonline, PUSaKO mengkhususkan dirinya untuk menjawab pertanyaan seputar: ilmu perundang-undangan dan legislasi, hak masyarakat adat, hak kekayaan intelektual, konstitusi ekonomi, kekuasaan kehakiman, hukum konstitusi, kekuasaan presiden, praktik perundang-undangan, hukum pemilu, partai politik, lembaga independen, kekuasaan kehakiman, kekuasaan presiden, hak asasi manusia dan lembaga legislasi/parlemen.

 

Para tim penjawab PUSaKO yang siap berkontribusi menjawab pertanyaan pembaca Klinik Hukumonline adalah akademisi dari Fakultas Hukum Universitas Andalas serta peneliti PUSaKO, yang terdiri dari:

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait