Usung Tema Peradilan Modern, MA Luncurkan Laptah 2018
Berita

Usung Tema Peradilan Modern, MA Luncurkan Laptah 2018

Laptah MA Tahun 2018 ini mengusung tema “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”.

Oleh:
Agus Sahbani
Bacaan 2 Menit
Gedung MA. Foto : ASH
Gedung MA. Foto : ASH

Mahkamah Agung (MA) menggelar sidang pleno Istimewa penyampaian Laporan Tahunan (Laptah) MA Tahun 2018 bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (27/2/2019). Laptah MA Tahun 2018 ini mengusung tema “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”.   

 

Acara ini dihadiri oleh Presiden Joko Wiodo (Jokowi), seluruh pimpinan lembaga negara/kementerian, Ketua MA negara sahabat, para duta besar negara sahabat, seluruh Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan seluruh Pimpinan Pengadilan Pertama Kelas IA, serta seluruh pejabat struktural di lingkungan MA.

 

“Acara ini agendanya tunggal yaitu penyampaian Laptah MA Tahun 2018 oleh Ketua MA M. Hatta Ali,” ujar Kabag Humas MA, Rudy Sudiyanto saat dikonfirmasi, Rabu (27/2/2019). Baca Juga: Tahun 2017, Kontribusi MA terhadap Negara Capai Rp18 Triliun

 

Acara penyampaian Laptah MA Tahun 2018 ini diawali pembukaan “Pameran Kampung Hukum 2019” yang diikuti 32 kementerian/lembaga yang langsung dibuka oleh Ketua MA M. Hatta Ali di JCC Hall Senayan, Jakarta.

 

Lembaga hukum yang biasanya menjadi peserta kampung hukum ini antara lain PPATK, KPK, MK, KY, Kejaksaan Agung, Kepolisian, Kemenkumham, LPSK, dan BNN. Nantinya, setiap lembaga tersebut akan memaparkan tugas dan fungsi masing-masing dan produk-produk hukum yang sudah dihasilkan kepada para pengunjung.

 

Setelah acara penyampaian Laptah MA 2018 ini digelar acara talkshow dengan topik mengenai E-Court bertajuk "Menuju Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”. Talkshow ini menghadirkan narasumber/pembicara yakni Dirjen Badan Peradilan Umum MA Herri Swantoro, Pengamat Hukum Asep Iwan Iriawan, Advokat Juniver Girsang, dan Hakim Yustisial pada Biro Hukum dan Humas MA Abdurrahman Rahim.

 

Seperti tahun sebelumnya, lembaga peradilan tertinggi ini melaporkan capaian kinerjanya sepanjang tahun 2018. Mulai penyelesaian perkara, pengawasan aparatur peradilan, administrasi perkara, laporan keuangan, kebijakan MA yang terbit sepanjang tahun 2018, upaya meningkatkan integritas hakim, kemandirian badan peradilan, putusan-putusan MA yang berstatus landmark decisions (putusan terpilih/penting), hingga penilaian atau penghargaan dari lembaga lain.

Tags:

Berita Terkait