Rabu, 27 February 2019

Selamat Jalan Prof. Melda, Rahmat Tuhan Selalu Menyertaimu

“Obsesi saya menjadikan FHUI ternama di dunia, dimulai dari kawasan Asia Tenggara”.
Normand Edwin Elnizar
Dekan FHUI Prof Melda Kamil Ariadno. Foto: NEE

Indonesia kembali kehilangan sosok ahli hukum kebanggaannya. Pagi ini, Rabu (27/2) sekira pukul delapan pagi Profesor Melda Kamil Ariadno, dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, berpulang ke sisi Tuhan Yang Maha Esa. Kabar duka ini hukumonline peroleh pertama kali dari para dosen di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI). Kepala Sekretariat Pimpinan FHUI, Meirani Suyawan mengonfirmasi kabar tersebut. “Beritanya benar, mohon doa dan dimaafkan segala khilafnya,” katanya saat ditelepon hukumonline.

 

Almarhum yang lahir di Jakarta, 29 Mei 1968 ini wafat di usia ke-50. Rasanya belum lama sejak hukumonline meliput pengangkatannya sebagai Guru Besar Hukum Internasional Publik pada 3 Oktober 2015 silam. Melda berorasi soal tantangan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar untuk menjadi poros maritime dunia saat itu.

 

Tak lama berselang, hukumonline mewawancarainya secara khusus usai pelantikan Melda sebagai Dekan FHUI pada 20 Desember 2017 lalu. “Obsesi saya menjadikan FHUI ternama di dunia, dimulai dari kawasan Asia Tenggara,” kata almarhum saat itu ketika ditanya mengapa mau berlelah mengemban tugas berat memimpin kampus hukum terbaik dan paling tua di Indonesia.

 

Baca:

 

Melda Kamil Ariadno adalah salah satu dari deretan lulusan terbaik yang pernah dimiliki Fakultas Hukum Universitas Indonesia angkatan 1987. Ia didapuk berpidato sebagai wisudawati terbaik kala itu. Juara satu ajang Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI) tahun 1991 ini berhasil lulus dalam masa 4,5 tahun, sebuah pencapaian langka di generasinya. Pendidikan jenjang magister dan doktoral diselesaikan almarhum di University of Washington. School of Law, Amerika Serikat.

 

Sebagai mahasiswa cemerlang, Melda tak luput mendapatkan tawaran berkarier sebagai corporate lawyer di firma hukum ternama di Indonesia. Namun, pilihannya untuk berkontribusi secara langsung pada dunia ilmu hukum membuatnya lebih memilih berkarier sebagai dosen.

 

“Melda adalah salah satu dekan terbaik yang FHUI pernah miliki. Dedikasi, komitmen dan visinya pada FHUI dan pendidikan hukum luar biasa,” kata Ahmad Fikri Assegaf, salah seorang alumni FHUI angkatan 1986 yang pernah intensif bekerja sama dengan almarhum.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua