Konten Video kekerasan Selandia Baru Mengadung Kekerasan dan Langgar UU ITE
Aktual

Konten Video kekerasan Selandia Baru Mengadung Kekerasan dan Langgar UU ITE

Oleh:
M. Agus Yozami
Bacaan 2 Menit
Konten Video kekerasan Selandia Baru Mengadung Kekerasan dan Langgar UU ITE
Hukumonline

Kementerian Komunikasi dan Informatika (kemenkominfo) mengimbau agar warganet dan masyarakat tidak menyebarluaskan atau memviralkan konten foto, gambar, atau video yang berkaitan dengan aksi kekerasan di Selandia Baru.

 

Dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (15/3), Kementerian Kominfo mendorong agar masyarakat memperhatikan dampak penyebaran konten berupa foto, gambar atau video yang dapat memberi oksigen bagi tujuan aksi kekerasan, yaitu membuat ketakutan di masyarakat.

 

"Konten video yang mengandung aksi kekerasan merupakan konten yang melanggar Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik," kata Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu.

 

Ferdinandus mengatakan Kementerian Kominfo terus melakukan pemantauan dan pencarian situs dan akun dengan menggunakan mesin AIS setiap dua jam sekali. Selain itu, Kementerian Kominfo juga bekerja sama dengan Polri untuk menelusuri akun-akun yang menyebarkan konten negatif berupa aksi kekerasan.

 

"Kementerian Kominfo mendorong masyarakat untuk melaporkan  melalui aduankonten.id atau akun twitter @aduankonten, jika menemukenali keberadaan konten dalam situs atau media sosial mengenai aksi kekerasan atau penembakan brutal di Selandia Baru," kata dia.

 

Tags: