Senin, 25 Maret 2019

Aturan Batasan Tarif Ojek Online Resmi Disahkan, Bagaimana Isinya?

Kemenhub membagi tiga zona meliputi wilayah Sumatera, Jawa selain Jabodetabek, Bali (Zona 1), Jabodetabek (Zona 2) dan Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku dan Papua (Zona 3).
Mochamad Januar Rizki
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi memberikan paparan saat jumpa pers di kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (25/3). Foto: RES

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengumumkan batasan tarif transportasi ojek online yang diatur dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor 348 Tahun 2019 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan dengan Aplikasi. Batasan tarif tersebut merupakan acuan bagi perusahaan aplikator ojek online seperti Go-Jek dan Grab dalam menentukan biaya yang akan ditanggung penumpang.

 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi menjelaskan pengaturan batasan tarif tersebut berdasarkan kajian dan perbandingan dengan negara lain seperti Vietnam dan Thailand. Pasalnya, kedua negara tersebut juga menetapkan batasan tarif ojek online terlebih dahulu.

 

“Negara lain yang sudah menerapkan di ASEAN terutama Vietnam dan Thailand. Artinya, kami benchmarking dengan beberapa negara Asean. Untuk ojek online hanya ada di beberapa negara terutama di ASEAN,” kata Budi dalam konferensi pers di Gedung Kemenhub, Senin (25/3/).

 

Berdasarkan Kepmen tersebut, Kemenhub membagi tiga zona meliputi wilayah Sumatera, Jawa selain Jabodetabek, Bali (Zona 1), Jabodetabek (Zona 2) dan Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku dan Papua (Zona 3).

 

Batasan tarif Zona 1 sebesar Rp 1.850- Rp 2.300 per kilometer, Zona 2 sebesar Rp 2.000-Rp 2.500 per km dan Zona 3 sebesar Rp 2.100-Rp 2.600 per km. Selain itu, batasan tarif jasa minimal juga diatur dengan masing-masing sebesar Zona 1 sebesar Rp 7.000-Rp 10.000, Zona 2 sebesar Rp 8.000-Rp 10.000 dan Zona 3 sebesar Rp 7.000- Rp 10.000.

 

Batasan Tarif Atas dan Bawah Ojek Online

Sumber: Kemenhub

 

Biaya jasa minimal merupakan biaya jasa yang dibayarkan oleh penumpang untuk jarak tempuh paling jauh empat kilometer. Kemudian, perbedaan tarif masing-masing zona tersebut juga berdasarkan daya beli dan jumlah penumpang.

 

Kenapa Jabodetabek berbeda? untuk pola perjalanan dan ojek online yang ada, itu sudah jadi kebutuhan primer. Sudah jadi kebutuhan utama,” jelas Budi.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua