Jumat, 12 April 2019

Fly KAI Travel Access, Kemudahan Bagi Advokat

Ada empat fitur yang dapat digunakan untuk menunjang mobilitas tinggi para advokat.
CT-CAT

Bepergian ke luar kota tidak sekadar dilakukan untuk liburan. Ada pula banyak orang yang melakukan aktivitas pekerjaannya, seperti advokat. Kemudahan bagi advokat yang mobilitasnya tinggi, ditunjang dengan perangkat aplikasi menjadikan pelayanan jasa hukum lebih memadai. Karenanya, diperlukan alat penunjang bagi advokat dalam melakukan aktivitasnya.

 

Misalnya, terobosan organisasi profesi untuk memberikan kemudahan para anggotanya dalam melakukan penerbangan ke tempat tujuan. Hal ini dilakukan oleh Kongres Advokat Indonesia (KAI) dengan meluncurkan Fly KAI Travel Access.

 

Presiden KAI Tjoetjoe Sandjaja Hernanto mengatakan, Fly KAI Travel Access merupakan aplikasi mobile  berbasis teknologi  untuk menunjang kebutuhan perjalanan bagi seluruh advokat KAI. Anda dapat menggunakan Fly KAI Travel Access semudah jari telunjuk menyentuh layar telepon seluler.

 

Bagi advokat yang memiliki aplikasi Fly KAI Travel Access, tentunya bakal memudahkan dalam melakukan pencarian maskapai penerbangan yang bakal digunakan. Termasuk, melakukan pemesanan tiket pesawat secara lebih mudah dan efisien. Tak perlu mengeluarkan banyak tenaga.

 

Begitupun dengan hotel yang bakal Anda jadikan tempat menginap. Cukup melakukan pencarian dan pemesanan melalui Fly KAI Travel Access. Lagi-lagi, semudah jari telunjuk menyentuh layar telepon seluler.

 

Empat Fitur Fly KAI Travel Access

Setidaknya, Fly KAI Travel Access memiliki empat fitur.

 

Pertama, tiket pesawat. Fitur ini dapat digunakan para advokat KAI yang bepergian ke luar kota untuk mendapatkan tiket pesawat.  Kedua, voucher hotel. Fitur ini digunakan untuk mendapatkan penginapan yang diinginkan di kota tujuan. Ketiga, tiket kereta api. Sama seperti fitur pertama, fitur ketiga digunakan untuk mendapatkan tiket kereta api saat bepergian ke luar kota.

 

Keempat, Payment Point Online Bank (PPOB). Ini merupakan sistem pembayaran secara online dengan memanfatkan fasilitas perbankan. Misalnya, melakukan pembayaran tagihan listrik, iuran Badan Penyelenggara Jasa Sosial (BPJS), asuransi, hingga kartu kredit.

 

Nantinya, akan ada banyak fitur anyar yang bakal diluncurkan di Fly KAI Travel Access. Untuk menggunakannya, para advokat hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi melalui Play Store atau App Store. Langkah selanjutnya, cukup daftarkan identitas diri dan pendaftar langsung teregristrasi di Fly KAI Travel Access. 

 

Nah, aplikasi pun sudah dapat digunakan untuk melakukan pemesanan atau pembelian tiket, isi rute, tanggal, jumlah penumpang, dan cari penerbangan. Setelah itu, pilih jam dan harga yang diinginkan, isi data penumpang, dan lanjutkan. Proses booking pun rampung dan sukses. Terakhir, pilih bayar pesanan untuk mencetak tiket. Tiket tercetak setelah dilakukan pembayaran.

 

Fly KAI Travel Access adalah kartu yang diubah menjadi aplikasi yang disiapkan untuk para anggota yang mobile, yang selama ini menggunakan travel perjalanan,” ujar Tjoetjoe.

 

Adapun Fly KAI Travel Access merupakan kerja sama KAI dengan kalangan kreatif bernama City Ticketing Online System (Citos) yang ‘bermarkas’ di Yogyakarta. Komisaris PT Citos Connecting, Novi Nugraha menambahkan, pada 2017 maskapai penerbangan sedang gencar mengoptimalkan penjualan tiket corporate. Nah, Citos sebagai travel agent sekaligus corporate handling menawarkan bentuk kerja sama dengan KAI. Kerja sama tersebut antara lain menghubungkan KAI dengan pihak maskapai.

 

Tujuannya, agar KAI mendapatkan corporate rate terhadap seluruh anggota dan keluarganya.  Setelah itu, proses pemesanan corporate  yang biasanya dilakukan secara offline, dikembangkan menjadi online.  Menurutnya, pemesanan melalui online pun memudahkan bagi para anggota KAI beserta keluarganya.

 

Sehingga seluruh anggota KAI dan keluarga bisa menikmati corporate rate dengan bertransaksi melalui aplikasi Fly KAI,” ujarnya kepada Hukumonline.

 

Pembuat  aplikasi

Membuat sebuah aplikasi membutuhkan biaya yang besar. Sama halnya membuat aplikasi Fly KAI Travel Access. Meski tidak disebutkan biayanya, KAI menyerahkan  biaya dan pembuatan ke pihak Citos. Menurut Tjoetjoe, persetujuan kerja sama ini berlaku sepanjang Citos bersedia membiayai pembuatan aplikasi.

 

“Citos setuju dan akhirnya membiayai menggunakan dana mereka. Membuat aplikasi itu tidak murah, kalau membuat sampai rumit bisa sampai di atas Rp1 miliar,” ujar Tjoetjoe.

 

Novi menambahkan, perusahaan tempatnya bernaung memang membangun dan mengembangkan aplikasi Fly KAI Travel Access. Sementara, kontrak kerja sama berlaku antara KAI dan pihak maskapai penerbangan. Sebagai perusahaan bergerak di bidang support system dalam dunia reservasi pesawat udara, Citos Connecting pun membangun aplikasi Fly KAI Travel Access.

 

Dalam hal ini Citos hanya sebagai penyedia aplikasi, sedangkan kontrak corporate itu adalah antara KAI dan Maskapai,” ujarnya.

 

Kendati begitu, alasan kerja sama sebagai penyedia aplikasi lantaran organisasi advokat seperti KAI merupakan profesi yang memiliki mobilitas tinggi. Sehingga, menjalin kerja sama dengan KAI dapat membantu dan memudahkan para anggota dan keluarganya dalam melakukan perjalanan menggunakan pesawat maupun kereta api. Itu pun setelah Citos melakukan riset dan penelitian terlebih dahulu terhadap mobilitas profesi advokat.

 

Manfaat

 

Lantas apa yang diperoleh kedua belah pihak? Menurut Tjoetjoe, puluhan ribu anggota KAI merupakan pasar yang mesti dikelola dengan baik. Makanya, dengan menggunakan aplikasi terdapat keuntungan tersendiri bagi Citos. Pendek kata, kerja sama pun dijalin dengan beberapa maskapai penerbangan. Jadi, selain kemudahan yang didapatkan anggota KAI, kerja sama ini juga memiliki nilai bisnis.

 

“Ada bagi hasil. Hasilnya tersimpan di rekening abadi KAI yang tidak boleh diambil oleh siapa pun. Kecuali, penggunaannya atas persetujuan kongres,” ujarnya.

 

Memang, Fly KAI Travel Access masih hanya memiliki 4 fitur. Namun, tidak menutup ada pengembangan fitur lain. Soalnya, masih terdapat dua perusahaan yang sedang dijalin kerja sama di bidang lainnya. Penerbangan serta tiket hotel sendiri menjadi pintu masuk dalam mengembangkan produk lainnya bagi kemudahan advokat KAI.  

 

Kendati belum di launching, aplikasi Fly KAI Travel Access sudah dapat digunakan  sejak satu tahun lalu. Alias, di tahun 2018. Dia berjanji dalam kongres ke depan, berbagai aplikasi yang sudah dan sedang dibangun bakal dipresentasikan ke seluruh para anggota KAI.

 

Sementara Novi menilai, ada empat keuntungan atau manfaat yang diperoleh KAI atas kerja sama tersebut. Pertama, melalui aplikasi tersebut, anggota KAI dan keluarga dapat menikmati corporate rate yang notabene terdapat diskon harga. Khususnya maskapai penerbangan Garuda hingga 13 persen. Sedangkan Citilink diskon harga hingga 5 persen.  

 

Kedua, memberikan kemudahan anggota KAI dan keluarga dalam mengakses kebutuhan perjalanan. Soalnya, dalam Fly KAI terdapat fitur pesawat, kereta, hotel, pembayaran listrik, telepon pasca bayar, hingga lainnya. Ketiga, Citoz dan KAI bersepakat, sebagian keuntungan transaksi yang dilakukan anggota KAI dan keluarga melalui aplikasi Fly KAI bakal masuk ke kas organisasi. Keempat, terhadap corporate rate, memiliki fleksibilitas dalam perubahan jadwal penerbangan.

 

KAI memang menjadi organisasi advokat yang terus berinovasi dan melompat semakin jauh. Khususnya dalam memasuki era digital. KAI memang telah memaksa anggotanya berada di jalur platform digital. KAI di bawah kepemimpinan Tjoetjoe memang kerap memunculkan ide-ide  yang dikenal maju dan modern. Salah satu contohnya, seperti Fly KAI Travel Access.  Tjoetjoe pun membocorkan organisasi yang dipimpinnya sedang membuat satu terobosan penting lainnya yang masih dirahasiakan.

 

“Saya  ingin seluruh anggota KAI adaptif terhadap perkembangan zaman. Saya tidak ingin anggota saya jadul (jaman dahulu, red) dan ‘primitif’,” pungkas Tjoetjoe.

 

 

Artikel ini merupakan kerja sama hukumonline.com dengan Kongres Advokat Indonesia (KAI).

Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua