​​​​​​​Ingin Tahu Strategi Menghadapi Gugatan Konsumen serta Perkembangannya? Cari Jawabannya di Sini!
Info Hukumonline

​​​​​​​Ingin Tahu Strategi Menghadapi Gugatan Konsumen serta Perkembangannya? Cari Jawabannya di Sini!

​​​​​​​Workshop ini membahas strategi menghadapi gugatan konsumen dan perkembangan perlindungan konsumen.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 2 Menit
​​​​​​​Ingin Tahu Strategi Menghadapi Gugatan Konsumen serta Perkembangannya? Cari Jawabannya di Sini!
Hukumonline

Upaya perlindungan konsumen pada hakikatnya mengandung kebaikan bagi kedua belah pihak, baik bagi pelaku usaha maupun konsumen. Namun, dalam kenyataannya, tak jarang terdapat sejumlah oknum konsumen yang mengajukan gugatan atau klaim kepada pelaku usaha sebagai upaya untuk mencari keuntungan semata dari pelaku usaha, bukan karena haknya terlanggar.

 

Untuk menghadapi tipe konsumen seperti tersebut, tentu pelaku usaha harus ekstra hati-hati dan cermat dalam mengambil langkah serta menghadapi gugatan atau klaim tersebut. Sering kali, pelaku usaha mengambil langkah untuk memenuhi saja tuntutan ganti rugi dari oknum konsumen tersebut demi mencegah meluasnya kabar bahwa kegiatan usaha dari pelaku usaha tersebut telah menyebabkan kerugian kepada konsumennya.

 

Persoalan hukum di sector perlindungan konsumen ini akan dibahas Hukumonline melalui Workshop yang berlangsung pada tanggal 29 April mendatang. Workshop bertema “Strategi Menghadapi Gugatan Konsumen serta Perkembangannya di Era Digital dan Dinamika Perlindungan Konsumen” itu akan diselenggarakan di Hotel Aryaduta, Tugu Tani Jakarta.

 

Kegiatan ini terbuka pendaftaran untuk siapapun yang berminat, terutama bagi pelaku usaha, in house counsel dan atau praktisi hukum yang ingin mendalami terkait gugatan konsumen maupun perlindungan konsumen. Jika Anda tertarik, silakan klik di sini.

 

Hukumonline.com

 

Seperti diketahui, saat ini ekonomi digital sangat berkembang dengan pesat. Tentu saja gugatan maupun klaim dari konsumen lebih beragam dan komplikasi. Pelaku usaha perlu strategi dan cara-cara menghadapi permasalahan seperti ini.

 

Tentunya tidak dapat dipungkiri bahwa dengan membiarkan saja gugatan tersebut masuk ke ranah pengadilan dapat menimbulkan dampak buruk terhadap citra dari pelaku usaha. Namun, jika pelaku usaha dengan mudahnya mengikuti gugatan atau klaim dari konsumen tentunya dapat menjadi pihak yang dirugikan oleh perilaku oknum konsumen tersebut.

 

Perlu dipahami bahwa terdapat setidaknya 3 pemangku kepentingan yang utama, yaitu Pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat. Pelaku usaha sebagai salah satu pemangku kepentingan dalam perlindungan konsumen tentunya memegang peranan yang sangat vital karena tanpa adanya kepatuhan dari pelaku usaha tentunya segala perencanaan untuk meningkatkan perlindungan konsumen akan menjadi sia-sia.

 

Guna meningkatkan kepatuhan dari para pelaku usaha tersebut tentunya ruang dialog antara Pemerintah dan juga pelaku usaha harus semakin diperbanyak. ruang dialog ini bermanfaat untuk menjadi wadah bagi Pemerintah dan pelaku usaha untuk bersama menyepakati seperangkat common values yang nantinya dapat menjadi landasan pijak bersama, sehingga perlindungan konsumen dianggap juga sebagai upaya untuk meningkatkan nilai dari kegiatan usaha yang dilakukan oleh para pelaku usaha tersebut dalam menghadapi perkembangan, permasalahan serta dinamika perlindungan konsumen pada praktik maupun regulasinya.

Tags:

Berita Terkait