Selasa, 30 April 2019

Pemerintah Apresiasi Pihak yang Concern atas Kekayaan Intelektual

Fitri Novia Heriani

Melalui Indonesia Intellectual Property Awards (IIPA), Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H Laoly mengapresiasi tokoh, lembaga, dan Perguruan Tinggi yang berkontribusi dalam perkembangan pengetahuan dan pemahaman kekayaan intelektual (KI) di Indonesia pada peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia ke 19 yang jatuh tepat pada tanggal 26 April 2019.

 

“Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Lembaga, perguruan tinggi, maupun individu yang konsen terhadap pentingnya pelindungan kekayaan intelektual,” ujar Yasonna H. Laoly, dalam rilis saat menghadiri acara peringatan Hari Kekayaan Intelektual sedunia ke-19 yang diselenggarakan di Discovery Kartika Plaza, Kuta, Badung, Jumat (26/4) lalu.

 

Menurutnya, pelindungan sistem KI yang baik dapat menjadi persaingan suatu negara untuk bersaing dengan negara-negara lain. Di mana terbukti negara-negara berpredikat maju saat ini adalah negara-negara yang sadar dan menghargai betul atas pentingnya Kekayaan Intelektual dalam membangun ekonomi negaranya.

 

“Pelindungan KI memiliki peran strategis untuk mendorong kemandirian ekonomi nasional melalui sektor ekonomi kreatif,” ucap Yasonna.

 

Sementara, Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Dirjen KI) Freddy Harris mengimbau agar masyarakat di negeri ini untuk sadar terhadap pelindungan KI, termasuk di daerah Bali yang banyak sekali potensi KI-nya yang perlu dilindung untuk mengangkat perekonomian daerah di samping mengandalkan potensi Alam.

 

“Bali ini banyak sekali potensi KI-nya. Seperti Merek, Cipta, Indikasi Geografis, KI Komunal yang perlu dilindungi, makanya kita adakan peringatan Hari KI Sedunia tahun ini di Bali.” ucapnya.

 

Ia juga berharap dengan adanya ajang penghargaan, permohonan paten yang dihasilkan dari perguruan tinggi meningkat. Permohonan paten di Indonesia saat ini masih didominasi Asing.

 

“Peneliti kita banyak, tapi belum peduli dengan pendaftaran paten dari hasil penelitiannya. Jadi dengan penghargaan ini supaya mengingatkan mereka bahwa penelitian ini penting untuk menghasilkan paten yang nantinya digunakan industri untuk menghasilkan nilai ekonomi,” ujar Freddy Harris menjelaskan.

 

Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua