Tunjukkan Kepedulian, DPC Peradi Jakarta Pusat Santuni Anak Yatim
Berita

Tunjukkan Kepedulian, DPC Peradi Jakarta Pusat Santuni Anak Yatim

Ada pendekakatan yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Oleh:
Moh. Dani Pratama Huzaini
Bacaan 2 Menit
DPC Peradi Jakarta Pusat menyelenggarakan Ramadhan Charity. Foto: Istimewa
DPC Peradi Jakarta Pusat menyelenggarakan Ramadhan Charity. Foto: Istimewa

Bulan Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk menunjukkan kepedulian kepada sesame, terutama kepada mereka yang sangat membutuhkan. Kemiskinan masih dapat dilihat tanpa harus jauh-jauh meninggalkan Ibukota Jakarta. Faktanya, masih banyak orang yang nasibnya kurang beruntung, dan membutuhkan uluran tangan dari pihak lain. Maka, kemauan dan keikhlasan sebagian pihak untuk menyisihkan harta dan kekayaan mereka menjadi cara lain untuk saling berbagi dengan sesama.

Itulah antara lain pelajaran yang dapat dipetik dari bulan Ramadhan. Penyandang profesi advokat tak lepas dari perbuatan baik itu. Sebab, profesi advokat tak akan dapat berdiri sendiri. Kemuliaan profesi ini justru diwujudkan antara lain lewat kepedulian pada warga miskin. Lihat saja semangat yang digagas dalam pemberian bantuan hukum cuma-cuma yang dibebankan ke pundak advokat. Memberikan santunan untuk anak yatim adalah wujud lain kepedulian advokat.

(Baca juga: Potret Budaya Pro Bono Advokat Indonesia).

Itu pula yang disadari dan dilakukan pengurus Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC Peradi) Jakarta Pusat. Para pengurus organisasi ini telah menyelenggarakan acara Ramadhan Charity 2019, untuk menunjukkan rasa peduli kepada mereka yang membutuhkan. Kali ini bertempat di Yayasan Nurul Iman Jafariyah, Menteng.

Tapi, ada yang pendekatan yang berbeda kali ini. Jika pada Ramadhan sebelumnya, DPC Peradi Jakarta Pusat kerap melaksanakan buka puasa bersama dengan mengikutsertakan anak yatim dan orang kurang mampu, kali ini jajaran pengurus DPC Peradi Jakarta Pusat menggunakan pendekatan yang berbeda.

“Kami sekarang datang memberikan bingkisan kepada siapa yang langsung berhak (menerima)”, ujar Ketua DPC Peradi Jakarta Pusat, Arman Hanis kepada hukumonline, di sela-sela acara penyerahan santunan kepada pengurus dan anak yatim Yayasan Nurul Iman Jafariah, Jumat (24/5), di Jakarta.

Pemberian santunan ini menurut Arman merupakan bagian dari program kerja DPC Peradi Jakarta pusat yang secara khusus disiapkan pada saat bulan Ramadhan berlangsung. Arman menyebutkan harapan dari DPC Peradi Jakarta Pusat agar bingkisan dan donasi yang diberikan dirasakan manfaatnya oleh mereka yang berhak menerima. “Jadi kalau kita berikan secara langsung ini akan lebih mengena dan terasa ada manfaatnya, ujar Arman.

(Baca juga: DPC Peradi Jakarta Pusat Selenggarakan Legal Training ke-6).

Bingkisan dan donasi yang diserahkan oleh Pengurus DPC Peradi Jakarta Pusat ini tidak hanya bersumber langsung dari anggaran organisasi, tapi juga ada sejumlah bantuan  yang berasal dari pengurus dan anggota secara pribadi. Untuk itu sumbangan tersebut secara bersamaan disalurkan bersama sumbangan yang berasal dari DPC. “Berapapun yang disumbangkan anggota dan pengurus kami serahkan ke Yayasan,” tambah Arman.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait