Sabtu, 25 Mei 2019

Tunjukkan Kepedulian, DPC Peradi Jakarta Pusat Santuni Anak Yatim

Ada pendekakatan yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
Moh. Dani Pratama Huzaini
DPC Peradi Jakarta Pusat menyelenggarakan Ramadhan Charity. Foto: Istimewa

Bulan Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk menunjukkan kepedulian kepada sesame, terutama kepada mereka yang sangat membutuhkan. Kemiskinan masih dapat dilihat tanpa harus jauh-jauh meninggalkan Ibukota Jakarta. Faktanya, masih banyak orang yang nasibnya kurang beruntung, dan membutuhkan uluran tangan dari pihak lain. Maka, kemauan dan keikhlasan sebagian pihak untuk menyisihkan harta dan kekayaan mereka menjadi cara lain untuk saling berbagi dengan sesama.

Itulah antara lain pelajaran yang dapat dipetik dari bulan Ramadhan. Penyandang profesi advokat tak lepas dari perbuatan baik itu. Sebab, profesi advokat tak akan dapat berdiri sendiri. Kemuliaan profesi ini justru diwujudkan antara lain lewat kepedulian pada warga miskin. Lihat saja semangat yang digagas dalam pemberian bantuan hukum cuma-cuma yang dibebankan ke pundak advokat. Memberikan santunan untuk anak yatim adalah wujud lain kepedulian advokat.

(Baca juga: Potret Budaya Pro Bono Advokat Indonesia).

Itu pula yang disadari dan dilakukan pengurus Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC Peradi) Jakarta Pusat. Para pengurus organisasi ini telah menyelenggarakan acara Ramadhan Charity 2019, untuk menunjukkan rasa peduli kepada mereka yang membutuhkan. Kali ini bertempat di Yayasan Nurul Iman Jafariyah, Menteng.

Tapi, ada yang pendekatan yang berbeda kali ini. Jika pada Ramadhan sebelumnya, DPC Peradi Jakarta Pusat kerap melaksanakan buka puasa bersama dengan mengikutsertakan anak yatim dan orang kurang mampu, kali ini jajaran pengurus DPC Peradi Jakarta Pusat menggunakan pendekatan yang berbeda.

“Kami sekarang datang memberikan bingkisan kepada siapa yang langsung berhak (menerima)”, ujar Ketua DPC Peradi Jakarta Pusat, Arman Hanis kepada hukumonline, di sela-sela acara penyerahan santunan kepada pengurus dan anak yatim Yayasan Nurul Iman Jafariah, Jumat (24/5), di Jakarta.

Pemberian santunan ini menurut Arman merupakan bagian dari program kerja DPC Peradi Jakarta pusat yang secara khusus disiapkan pada saat bulan Ramadhan berlangsung. Arman menyebutkan harapan dari DPC Peradi Jakarta Pusat agar bingkisan dan donasi yang diberikan dirasakan manfaatnya oleh mereka yang berhak menerima. “Jadi kalau kita berikan secara langsung ini akan lebih mengena dan terasa ada manfaatnya, ujar Arman.

(Baca juga: DPC Peradi Jakarta Pusat Selenggarakan Legal Training ke-6).

Bingkisan dan donasi yang diserahkan oleh Pengurus DPC Peradi Jakarta Pusat ini tidak hanya bersumber langsung dari anggaran organisasi, tapi juga ada sejumlah bantuan  yang berasal dari pengurus dan anggota secara pribadi. Untuk itu sumbangan tersebut secara bersamaan disalurkan bersama sumbangan yang berasal dari DPC. “Berapapun yang disumbangkan anggota dan pengurus kami serahkan ke Yayasan,” tambah Arman.

Turut serta dalam acara tersebut, sejumlah komunitas yang bernaung di bawah DPC Peradi Jakarta Pusat. Beberapa yang disebutkan oleh Arman antara lain, komunitas PBH Peradi Jakarta Pusat, komunitas Futsal, serta  komunitas pendidikan dan pelatihan.

Di tempat yang sama, sekretaris DPC Peradi Jakarta Pusat, Boby Rama Manalu mengungkapkan agar melalui kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kepedulian anggota Peradi kepada masyarakat sekitar. “DPC kan tidak hanya mengurusi anggota. Ini bagian dari upaya kami kembali ke masyarakat,” ujar Boby.

Adapun donasi yang disampaikan tidak hanya berupa uang yang diserahkan secara langsung kepada yayasan dan anak-anak yatim piatu, Boby juga menyebutkan adanya bingkisan berupa barang dan paket makanan untuk berbuka puasa.

“Ini salah satu dari sekian rencana kerja kita untuk masyarakat,” tuntas Boby.

Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua