Yuk Ketahui Langkah Efektif Bagi Perusahaan dalam Menghadapi Serangan Siber
Info Hukumonline

Yuk Ketahui Langkah Efektif Bagi Perusahaan dalam Menghadapi Serangan Siber

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai strategi yang efektif untuk mencegah, menangani, dan menanggulangi serangan siber pada perusahaan dan firma hukum.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Ilustrator: YSP.
Ilustrator: YSP.

Keamanan siber telah menjadi isu prioritas seluruh negara di dunia semenjak teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan dalam berbagai aspek, seperti aspek sosial, ekonomi, hukum, dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat dilihat pada semakin majunya perkembangan ekonomi digital di Indonesia dengan memanfaatkan penyelenggaraan sistem elektronik. Berbanding lurus dengan tingginya tingkat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi tersebut, tingkat risiko dan ancaman penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi juga semakin tinggi dan semakin kompleks.

 

Terdapat sejumlah komponen yang harus dimiliki sebuah perusahaan atau firma hukum terkait sistem keamanan siber. Mulai mencakup hal-hal seperti deteksi, proteksi, penanggulangan, pemulihan, pemantauan, evaluasi, pengendalian proteksi, persandian, penapisan, diplomasi siber, sentra informasi, mitigasi, pemulihan penanggulangan, kerentanan, insiden dan/atau serangan siber.

 

Menjaga keutuhan dari keamanan siber dapat menjadi tugas yang sulit meskipun untuk perusahaan yang memiliki kapabilitas teknologi informasi yang tinggi. Sangat diperlukan pengembangan kemampuan respon yang tepat dengan pendekatan yang sistematis dan terstruktur terhadap insiden keamanan siber.

 

Untuk membangun kemampuan dalam merespon insiden keamanan siber yang efektif, perusahaan perlu mempersiapkan dan melakukan identifikasi kebutuhan dalam proses persiapan, penanganan, dan setelah terjadinya serangan keamanan siber. Selain itu, manajemen risiko yang tepat perlu diterapkan, terlebih apabila sudah terjadi insiden, diperlukan strategi tepat untuk melakukan upaya hukum serta membuka informasi dengan pihak eksternal untuk menjaga nama baik Perusahaan.

 

Hukumonline.com

 

Untuk menjawab kebutuhan bagi Perusahaan tersebut, Hukumonline.com akan mengadakan Pelatihan Hukumonline 2019 “Strategi Keamanan Siber: Penanganan, Pencegahan, dan Penanggulangan Serangan Siber pada Perusahaan” yang akan diadakan pada 19-20 Juni 2019 di Fraser Place, Setiabudi, Jakarta.

 

Jika Anda tertarik, silakan klik di sini.

 

Dalam pelatihan ini akan hadir tiga pembicara perwakilan dari Indonesia Cyber Law Community (ICLC) yang merupakan pakar dalam isu keamanan siber, yaitu Teguh Arifiyadi selaku Ketua Umum Indonesia Cyber Law Community (ICLC), Dedi Dwianto selaku Konsultan & Auditor Keamanan Informasi, dan Raditya Iryandi selaku Praktisi Keamanan Siber.

 

Pelatihan ini akan dibahas mengenai kondisi ideal sistem keamanan siber, manajemen krisis serangan siber, perbaikan dan evaluasi sistem keamanan siber, upaya hukum dan penindakan yang perlu dilakukan, dan penanganan komunikasi perusahaan dengan pihak eksternal.

 

Kami membuka pendaftaran pelatihan ini bagi yang berminat, terutama bagi cyber security enthusiast yang ingin mengetahui strategi efektif yang harus dilakukan untuk keamanan siber perusahaan dan firma hukum. Jangan sampai melewatkan kesempatan ini, tempat terbatas, first come first served!

Tags:

Berita Terkait