Penjelasan Traveloka dan Garuda Soal Harga Tiket Pesawat Rp21 Juta
Berita

Penjelasan Traveloka dan Garuda Soal Harga Tiket Pesawat Rp21 Juta

Tarif Rp 21 juta bukan rute penerbangan langsung Bandung-Medan melainkan Bandung-Denpasar-Jakarta-Kualanamu (Medan). Sehingga harga tiket tersebut menjadi jauh lebih mahal.

Oleh:
Mochamad Januar Rizki
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi: BAS
Ilustrasi: BAS

Menjelang Hari Raya Idul Fitri seluruh tarif transportasi meningkat tajam termasuk ongkos pesawat terbang. Kabar mengejutkan muncul ke publik mengenai harga tiket pesawat Garuda Indonesia rute Bandung-Medan via Denpasar yang diiklankan di toko online Traveloka mencapai Rp 21 juta. Harga tersebut tidak wajar karena mengalami lonjakan melebihi 500 persen dibandingkan periode normal.

 

Menanggapi persoalan ini, Chief Executive Officer Transport Traveloka, Caesar Indra menjelaskan harga yang tertera di wadah atau platform daring tersebut bukan karena sistem, melainkan harga dari pihak maskapai. “Harga yang tertera di platform kami merupakan harga yang kami dapatkan langsung dari pihak maskapai,” katanya seperti dikutip dari Antara, Kamis (30/5).

 

Dia menjelaskan, munculnya harga Rp21 juta karena kelas yang ditawarkan adalah kelas bisnis. “Tentu harganya lebih tinggi dibandingkan dengan kelas ekonomi,” katanya.

 

Caesar menuturkan bahwa tiket pesawat Bandung-Medan kelas ekonomi sudah habis, begitu pula kelas bisnis yang transit dari Jakarta. Sehingga, opsi tiket yang tersedia dan ditawarkan oleh maskapai adalah kelas bisnis untuk rute Bandung ke Medan, melalui transit Denpasar, lalu dari Denpasar menuju Jakarta hingga kemudian dari Jakarta menuju Medan,” katanya.

 

Public Relations Director Traveloka Sufintri Rahayu mengimbau masyarakat untuk jeli dalam membeli tiket pesawat di situs atau aplikasi pemesanan daring. "Kami mengimbau dan mengedukasi masyarakat untuk jeli meneliti pembelian," kata Public Relations Director Traveloka Sufintri Rahayu dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (31/5).

 

Dia menjelaskan pemilihan pesawat sangat mudah sekali diatur sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen. "Di bawah ini kami jelaskan kembali. Untuk dapat memilih penerbangan langsung (direct flight), pengguna juga dapat dengan mudah melakukan filter daftar maskapai," ucapnya.

 

Rincian caranya, yakni setelah menentukan tujuan, tanggal bepergian dan kelas penerbangan, halaman akan menampilkan hasil pencarian. Lalu, pilih menu filter. Kedua, pada bagian ‘Transit’, pilih menu ‘Langsung’, untuk hanya menampilkan penerbangan langsung kemudian klik ‘Pilih Penerbangan’.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait