Sabtu, 15 June 2019

LPSK Siap Lindungi Saksi Sengketa Pilpres, Ini Mekanismenya

MK membantah bahwa ada hakim yang mendapat ancaman saat menangani sengketa Pilpres.
RED
Suasana sidang perdana sengketa pilpres 2019 di MK. Foto: RES

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menyatakan kesiapannya untuk melindungan saksi terkait proses penanganan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo mengatakan terkait perlindungan saksi dan korban, antara LPSK dan MK sudah ada nota kesepahaman.

 

“Terkait perlindungan saksi dan korban, LPSK dan MK telah memiliki nota kesepahaman yang ditandatangani kedua belah pihak pada 6 Maret 2018. Dalam Pasal 3 huruf a dari nota kesepahaman tersebut dinyatakan bahwa LPSK memberikan perlindungan kepada saksi/korban yang menjadi wewenangnya,” kata Hasto dalam siaran pers yang diterima Hukumonline, Jumat (14/6).

 

Mengenai perlindungan saksi ini, Hasto mengatakan, merupakan respons dari permohonan yang dibacakan oleh kuasa hukum pemohon Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam persidangan di MK. Saat membacakan permohonannya, kuasa hukum Prabowo-Sandi menyampaikan pentingnya witness protection (perlindungan saksi) dalam proses persidangan di MK.

 

Namun, lanjut Hasto, agar perlindungan tersebut diberikan, terdapat mekanisme yang harus dilalui. Mekanisme pertama, MK memutuskan memberikan perlindungan kepada saksi dan pelaksanaan perlindungan tersebut bekerja sama dengan LPSK. Sedangkan mekanisme lainnya, MK sebagai lembaga peradilan memerintahkan kepada LPSK untuk memberikan perlindungan kepada saksi yang ditetapkan oleh MK.

 

Perlindungan yang dapat diberikan LPSK, lanjut Hasto, berupa perlindungan fisik seperti penempatan di rumah aman, pengawalan dan pengamanan, pemenuhan hak saksi bersaksi tanpa harus hadir di persidangan, pergantian identitas dan perlindungan hukum.

 

“LPSK berharap semua pihak dalam sengketa pilpres ini menghormati proses hukum yang berlangsung dan mencegah tindakan yang dapat mengganggu proses peradilan khususnya pemberian keterangan secara bebas (tanpa tekanan/ancaman) oleh saksi,” tutup Hasto.

 

Sementara itu, MK sendiri membantah ada ancaman terhadap hakim konstitusi. Menurut Juru Bicara MK Fajar Laksono, pihaknya telah berkoordinasi dengan LPSK berkaita rumor ini. Hasilnya, LPSK tidak pernah menyatakan bahwa ada hakim konstitusi menerima ancaman saat menangani perkara sengketa pilpres.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua