Lewat RUU Keamanan Laut, Patroli Keamanan Laut Perlu Dioptimalkan
Berita

Lewat RUU Keamanan Laut, Patroli Keamanan Laut Perlu Dioptimalkan

Komisi I DPR berencana untuk menggulirkan kembali pembahasan RUU Keamanan Laut.

Oleh:
Ady Thea DA
Bacaan 2 Menit
Lewat RUU Keamanan Laut, Patroli Keamanan Laut Perlu Dioptimalkan
Hukumonline

Reformasi di sektor pertahanan dan keamanan yang bergulir sejak reformasi dinilai telah berada di jalur yang benar. Namun demikian, masih banyak hal yang perlu dibenahi dan proses reformasi di bidang pertahanan dan keamanan ini harus terus berjalan. Demikian pernyataan anggota Komisi I DPR dari fraksi Partai Golkar, Jerry Sambuaga, dalam acara diskusi di Jakarta, Kamis (27/6/2019).

 

Jerry menyebut salah satu bidang yang perlu disasar dalam reformasi sektor pertahanan dan keamanan ini yakni mengkaji ulang keberadaan Komando Teritorial (Koter). Baginya, struktur koter yang ada saat ini tidak tepat karena mengikuti struktur pemerintahan sipil. Untuk itu, penghapusan koter perlu dilakukan agar pertahanan Indonesia lebih fokus pada mengamankan perbatasan di laut.

 

Dia menerangkan laut merupakan wilayah Indonesia yang paling luas dibandingkan daratan. Ironisnya, patroli yang menjaga perbatasan di laut Indonesia sangat minim. “Ketika koter dihapus, maka anggarannya bisa dialokasikan untuk mengoptimalkan pengamanan patroli di laut,” tegasnya. Baca Juga: Alasan DPD Usulkan Revisi UU Pelayaran

 

Jerry mengatakan Komisi I DPR terus berupaya menuntaskan RUU Keamanan Laut. Seperti diketahui, RUU Keamanan Laut masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas) 2015-2019 sebagai RUU inisiatif DPR. Melalui regulasi ini, Jerry berharap setiap pulau besar di Indonesia punya pangkalan pertahanan laut, sehingga dapat memperkuat penjagaan di wilayah perbatasan laut Indonesia.

 

Dia mengaku Komisi I sempat membahas RUU Keamanan Laut ini bersama Bakamla RI. Ke depan, Komisi I DPR berencana untuk menggulirkan kembali pembahasan RUU tersebut. “Komisi I mendukung reformasi sektor pertahanan dan keamanan, terutama untuk keamanan laut,” kata dia.

 

Koordinator Peneliti Imparsial, Ardi Manto menilai reformasi sektor pertahanan dan keamanan sangat penting untuk mewujudkan TNI dan Polri yang profesional. Dalam beberapa tahun terakhir, Ardi khawatir militer kembali dalam tata pemerintahan sipil atau kembalinya dwi fungsi TNI. Ada kecenderungan elit sipil termasuk partai politik menarik militer dalam pemerintahan.

 

Berbekal MoU dengan sejumlah kementerian dan lembaga, Ardi melihat TNI melakukan tugas-tugas yang seharusnya dilakukan institusi sipil. Misalnya, militer membantu Kementerian Pertanian mencetak sawah dan mendistribusikan pupuk untuk mengejar target swasembada pangan.

Tags:

Berita Terkait