Ditetapkan Sebagai Presiden Terpilih, Jokowi Singgung Amanat Penderitaan Rakyat
Berita

Ditetapkan Sebagai Presiden Terpilih, Jokowi Singgung Amanat Penderitaan Rakyat

Mengajak Prabowo-Sandiaga bersama-sama membangun negara ini.

Oleh:
Moh. Dani Pratama Huzaini
Bacaan 2 Menit
Sidang pembacaan putusan MK atas gugatan sengketa pilpres 2019. Setelah MK menolah gugatan Prabowo-Sandi, KPU mengeluarkan penetapan. Foto: RES
Sidang pembacaan putusan MK atas gugatan sengketa pilpres 2019. Setelah MK menolah gugatan Prabowo-Sandi, KPU mengeluarkan penetapan. Foto: RES

Tindak lanjut dari hasil sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden-Wakil Presiden yang telah di bacakan oleh Majelis Hakim Mahkmah Konstitusi, Kamis (27/6) lalu, Komisi Pemilihan Umum menerbitkan penetapan hasil Pemilihan Umum dengan mengesahkan Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

“Menetapkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 nomor urut 01, saudara Ir. H. Joko Widodo dan saudara Prof. Dr (HC). KH. Ma’ruf Amin dengan perolehan suara sebesar 85.607.362 suara atau 55,50 persen dari total suara sah nasional sebagai pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode tahun 2019-2024,” ujar Ketua KPU, Arief Budiman di gedung KPU, Minggu (30/6).

Pengesahan Jokowi-Ma’ruf dilakukan melalui rapat pleno terbuka yang dihadiri oleh Presiden dan Wakil Presiden terpilih, seluruh partai politik peserta Pemilihan Umum tingkat nasional, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), dan sejumlah pimpinan lembaga negara.

(Baca juga: MK: Dalil Pelanggaran TSM Kewenangan Bawaslu).

Setelah membacakan penetapan, Arief bersama seluruh anggota KPU menyerahkan hasil penetapan tersebut tidak hanya kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih, tapi juga kepada seluruh pimpinan Partai Politik peserta Pemilu tingkat nasional tahun 2019; kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Bambang Soesatyo; Ketua DKPP, Harjono; Ketua Bawaslu, Abhan Misbah; dan Sekertaris Kabinet, Pramono Anung yang hadir saat itu.

Presiden Jokowi dalam sambutannya sesaat setelah penetapan berlangsung menyampaikan rasa syukur setelah KPU rampung menyelesaikan tugas konstitusionalnya untuk menyelenggarakan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden dan menetapkan hasil sebagaimana yang telah dibacakan. Untuk itu Jokowi juga menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh rakyat Indonesia.

“Saya dan KH Ma’ruf Amin berterima kepada rakyat atas kepercayaan yang diberikan kepada kami berdua untuk melanjutkan tugas sejarah mengemban amanat penderitaan rakyat membawa seluruh rakyat Indonesia menuju Indonesia maju dan bermartabat sejajar dengan negara-negara lain di dunia,” ujar Jokowi.

Untuk itu Jokowi berjanji untuk mendedikasikan diri sebagai Presiden terpilih untuk mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa dan berjuang sekuat tenaga untuk melanjutkan fondasi yang telah dibangun pada periode pemerintahan sebelumnya.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait