Turunkan Harga Tiket Pesawat, Maskapai Sediakan Tiket LCC
Utama

Turunkan Harga Tiket Pesawat, Maskapai Sediakan Tiket LCC

Dalam kesepakatannya, salah satu keputusan bersama yang diambil adalah memberikan diskon 50 persen dari TBA pada seat tertentu.

Oleh:
Fitri Novia Heriani
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi: HGW
Ilustrasi: HGW

Pemerintah terus berupaya untuk memberikan tiket pesawat dengan harga terjangkau kepada masyarakat. Setelah melakukan serangkaian rapat bersama dengan stakeholder pada 20 Juni lalu dan memutuskan tiga kebijakan, pada Senin (1/7), pemerintah kembali menyepakati tiga kebijakan terkait penyediaan tiket dengan harga murah atau dikenal dengan Low Cost Carrier (LCC).

 

Sekretaris Kemenko Susiwijono menyampaikan bahwa biaya yang timbul sebagai akibat dari penerbangan murah ini akan ditanggung bersama, yakni antara maskapai, pengelola bandara, penyedia bahan bakar, dan airnav. Sementara terkait wacana pemberian subsidi kepada industri penerbangan, hal tersebut akan dibahas lebih lanjut oleh pemerintah.

 

“Kalau hitungan normal enggak mungkin melakukan itu (tiket murah) tapi karena komitmen tadi jadi berlima sharing, betul-betuk sharing, dari AP I dan AP II juga sudah menyampaikan beberapa kompenen biaya, begitu juga dari yang lain. Wacana misalkan nanti akan ada subsidi pemerintah pasti akan kita bahas di tingkat pemerintah,” kata Susiwijono dalam konferensi pers di Kantor Kemenko, Senin (1/7) malam.

 

Tiga kebijakan untuk pengadaan LCC tersebut adalah, pertama menyediakan tiket murah khusus di hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Kedua, pada tiga hari tersebut, tiket murah disediakan khusus jam keberangkatan antara pukul 10:00-14:00 WIB. Dan ketiga, alokasi seat tertentu dari total kapasitas pesawat diberikan diskon 50% dari tarif batas atas (TBA). Tiket LCC ini hanya berlaku untuk penerbangan domestik dengan jadwal tertentu.

 

Dalam hal ini, Susiwijono menegaskan bahwa penyediaan tiket LCC sudah mempertimbangkan faktor kebutuhan masyarakat dan bisnis penerbangan. Pemerintah bersama para pihak, lanjutnya, menyepakati kebijakan yang tetap mengedepankan ekspektasi masyarakat terhadap harga tiket pesawat murah dan menjaga agar industri penerbangan tetap sustainable.

 

“Yang pertama seperti yang kita sampaikan dari awal, memang posisinya sulit, harus membalance antara kebutuhan ekspektasi masyarakat atas tersedianya penerbangan yang murah dengan bagaimana kita menjaga bagaimana bisnis penerbangan itu tetap sustainable. Jadi apapun keputusan yang diambil kita tetap menjaga hal itu,” tambahnya.

 

Sementara itu, terkait pengaturan jadwal penerbangan yang akan menyediakan tarif LCC ini, secara spesifik akan dibahas dalam 1-2 hari ke depan. “Kami akan hitung mana penerbangan yang secara spesifik, akan kami umumkan Kamis siang atau sore,” ujarnya.

Tags:

Berita Terkait