Rombongan Mahasiswa Beijing Belajar Hukum Indonesia ke Hukumonline
Info

Rombongan Mahasiswa Beijing Belajar Hukum Indonesia ke Hukumonline

Bagian dari kerja sama Tsinghua University dengan Indonesia.

Oleh:
Norman Edwin Elnizar
Bacaan 2 Menit
Rombongan mahasiswa Tsinghua Southeast Asia Center berfoto dengan sejumlah awak hukumonline. Foto: RES
Rombongan mahasiswa Tsinghua Southeast Asia Center berfoto dengan sejumlah awak hukumonline. Foto: RES

“Kami melihat hukumonline sebagai salah satu yang leading di Indonesia dalam memanfaatkan teknologi di bidang hukum, mahasiswa Tsinghua University ingin tahu itu seperti apa,” kata Head of Marketing & Operation Tsinghua Southeast Asia Center, Suryo Danuwinoto kepada hukumonline, Rabu (24/7).

 

Pria yang akrab disapa Danu ini bertugas mendampingi sebelas mahasiswa program sarjana Fakultas Hukum dari Tsinghua University, Beijing, Cina untuk belajar secara langsung hukum Indonesia ke berbagai institusi kredibel.

 

Handoko Said selaku Operation Director Tsinghua Southeast Asia Center menyampaikan harapannya secara tertulis soal kunjungan para mahasiswa kelas internasional ini. “Kami berharap dukungan hukumonline untuk memberikan pencerahan terkait sistem hukum Indonesia kepada para mahasiswa Tsinghua University,” katanya. Ia juga meminta penjelasan atas peran dan fungsi layanan hukumonline di Indonesia serta berbagai tantangan yang dihadapi.

 

Tsinghua University menduduki peringkat ke-22 World University Rankings 2019 dan peringkat pertama Asia University Rankings 2019. Kampus yang didirikan tahun 1911 ini memiliki tiga unit penghubung global di seluruh dunia dan salah satunya di Indonesia. “Ini perpanjangan dari kampusnya di Beijing untuk berbagai program, Tsinghua Southeast Asia sendiri beroperasi untuk seluruh wilayah Asia Tenggara,” kata Danu.

 

Tsinghua Southeast Asia Center terletak di kawasan ekonomi khusus Pulau Kura Kura, Bali dan resmi beroperasi akhir 2018 lalu. Danu menjelaskan pusat penghubung lainnya berada di Seattle, USA dan di Milan, Italia. Ia mengatakan keberadaan Tsinghua Southeast Asia Center sebagai bagian dari kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan Cina.

 

“Kami mengunjungi berbagai institusi selama seminggu, Mahkamah Agung, BPHN, Fakultas Hukum UI, Hukumonline, lawfirm AHP dan HHP, lalu KPK, juga NGO LeIP, ini bagian dari overseas academic trip mereka,” Danu menjelaskan lembaga-lembaga yang mereka kunjungi.

 

(Baca juga: Di Usia ke-19, Hukumonline Ingin Berkontribusi Lebih Besar untuk Indonesia)

 

Rombongan mahasiswa hukum Tsinghua University ini berasal dari kelas internasional yang menggunakan bahasa Inggris dalam perkuliahan. Mereka juga berada pada angkatan yang berbeda. “Saya di tahun keempat dan baru saja lulus bulan ini, yang lain baru di tahun kedua dan ketiga,” kata salah satu mahasiswa kepada hukumonline.

Tags:

Berita Terkait