Selasa, 13 August 2019

Kurangi Polusi Udara via Ganjil Genap

Sistem ganjil genap bukan hanya dapat mengurangi polusi, tapi juga dipercaya mengurangi macet.
Resa Esnir
Petugas saat menunjukkan selebaran informasi mengenai perluasan sistem ganjil genap di Jakarta. Foto: RES

Dinas Perhubngan DKI Jakarta melakukan sosialisasi perluasan sistem ganji genap di sejumlah titik wilayah. Sejak 12 Agustus lalu, uji coba perluasan sistem ganjil genap diterapkan di 16 rute hingga 6 September 2019 mendatang.

Pemberlakuan sekaligus penegakan sistem ganjil genap ini mulai diterapkan pada 9 September 2019 mendatang. Sosialisasi ini menyisakan padatnya pengendara di jalan. Akibatnya, sejumlah pengendara mencoba menghindari kemacetan dengan mencari jalan alternatif.

Seperti rute alternatif jalan Casablanca Menteng Pulo dan Jl. Saharjo, Jakarta Selatan, yang menjadi salah satu ruas jalur alternatif untuk menghindari kawasan ganjil genap. Imbasnya, jalur ini terkena imbas macet.

Pantauan Hukumonline, Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat melakukan sosialisasi di sejumlah kawasan di Jakarta. Tampak petugas Dinas Perhubungan di sejumlah titik yang terkena perluasan sistem ganjil genap membagikan kertas informasi mengenai kebijakan baru ini.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meyakini, perluasan jalur ganjil genap dapat mengurangi polusi udara yang selama ini menerpa DKI Jakarta. Sejalan dengan itu, DKI Jakarta juga akan mulai mengarahkan transportasi listrik untuk menekan polusi dalam jangka panjang.

Bukan hanya itu, kebijakan perluasan jalur ganjil genap juga dipercaya dapat mengurangi titik macet yang selama ini kerap dikeluhkan masyarakat.

Untuk diketahui, sistem ganjil genap diperluas dari sembilan menjadi 16 ruas jalan. Uji coba penerapan dilakukan sejak kemarin, Senin (12/8). Uji coba berlangsung hingga 6 September 2019. Sistem ganjil genap diterapkan pada Senin-Jumat pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 16.00-21.00 WIB.

16 ruas jalan yang diterapkan uji coba sistem ganjil genap yakni Jalan Pintu Besar Selatan, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Majapahit, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, Jalan RS Fatmawati, Jalan Suryopranoto, Jalan Balikpapan, Jalan Kyai Caringin, Jalan Tomang Raya, Jalan Pramuka, Jalan Salemba Raya, Jalan Kramat Raya, Jalan Senen Raya, dan Jalan Gunung Sahari.

Perluasan ganjil genap ini efektif berlaku atau mulai akan diberlakukan tilang pada 9 September 2019 mendatang.

Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua