Senin, 09 September 2019

Perluasan Outsourcing Bakal Rugikan Buruh Perempuan Sektor Perkebunan

Perluasan jenis pekerjaan yang bisa outsourcing di perkebunan sawit akan melegitimasi praktik eksploitatif terhadap perempuan. Karena itu, aturan ini harus ada jaminan kepastian dan perlindungan pekerja/buruh terutama bagi perempuan.
Ady Thea DA
Aksi menolak praktik outsourcing. Foto: Sgp

Pemerintah masih meminta masukan banyak pihak terkait rencana revisi UU No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Dalam beberapa kesempatan Menteri Ketenagakerjaan, M Hanif Dhakiri, mengatakan UU Ketenagakerjaan sangat kaku. Kalangan pengusaha berharap UU Ketenagakerjaan bisa lebih fleksibel.

 

Namun, kalangan serikat buruh menolak rencana itu karena arah revisi dianggap jauh dari perlindungan dan kesejahteraan buruh. Kritik terhadap rencana pemerintah itu juga muncul dari kalangan organisasi masyarakat sipil yang bergerak di bidang lingkungan hidup, salah satunya Sawit Watch.

 

Direktur Eksekutif Sawit Watch Inda Fatinaware menyoroti beberapa isu rencana revisi UU Ketenagakerjaan, salah satunya perluasan sektor pekerjaan outsourcing. Usulan ini bakal menimbulkan ketidakpastian kerja bagi buruh, terutama buruh perempuan di perkebunan sawit.

 

Inda menilai ada praktik eksploitasi terhadap buruh perempuan yang bekerja di perkebunan sawit dalam bentuk hubungan kerja prekariat (tidak menentu). Buruh perempuan di perkebunan sawit tidak mendapat jaminan pekerjaan tetap, mayoritas berstatus lepas.

 

“Tanpa perlindungan dari kecelakaan kerja atau sakit akibat kerja. Pemberian target juga tidak manusiawi, penyelewengan status kerja dan praktik upah di bawah ketentuan,” kata Inda saat dikonfirmasi, Senin (9/9/2019). Baca Juga: Tiga RUU Ini Dinilai Belum Lindungi Buruh

 

Dia juga menilai perluasan sektor pekerjaan yang bisa outsourcing di perkebunan sawit akan melegitimasi praktik eksploitatif terhadap perempuan. Menurutnya, perempuan menjadi pihak yang paling dirugikan dengan perluasan outsourcing ini dan meningkatkan jumlah buruh perempuan prekariat.

 

Sawit Watch tidak anti Revisi UU Ketenagakerjaan, tapi kata Inda, arahnya harus jelas dan tidak menghilangkan jaminan hak kepastian kerja, upah layak, perlindungan atas keselamatan kerja, jaminan sosial dan kesehatan. Inda mencatat industri sawit berkontribusi terhadap negara di sektor hulu industri ini, menyerap lebih dari 10 juta tenaga kerja.

Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua