Hukumonline Podcast Jangkau Anak Muda Agar Melek Hukum
Berita

Hukumonline Podcast Jangkau Anak Muda Agar Melek Hukum

​​​​​​​Hukumonline Podcast dapat didengar melalui aplikasi Apple Podcast, Anchor, Google Podcast, Spotify, Breaker, Pocket Casts, dan RadioPublic.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Hukumonline Podcast Jangkau Anak Muda Agar Melek Hukum
Hukumonline

Informasi hukum seharusnya dapat diakses di mana pun dan kapan pun. Mengetahui kebutuhan tersebut, baru-baru ini kami mengadakan survei di media sosial dan mendapati bahwa ada lebih dari 90% pembaca yang menginginkan Hukumonline menjajal media baru untuk menjangkau publik yang lebih luas. Salah satunya, melalui podcast.

 

Pada 19 Agustus 2019, pukul 17.00 WIB, Hukumonline Podcast telah meluncurkan episode pertama berjudul Bencana Hiperregulasi. Episode ini mengulas risiko dan dampak yang muncul karena jumlah regulasi yang banyak (hiperregulasi) dan peraturan yang tumpang tindih.

 

 

 

Di episode ini, hadir Direktur Riset Pusat Studi Hukum dan Kebijakan, Rizky Argama, yang menjabarkan secara rinci permasalahan-permasalahan seputar regulasi. Ia menawarkan beberapa solusi yang dapat menyelamatkan bangsa dari bencana hiperregulasi.

 

Saat ini, Anda dapat mendengarkan Hukumonline Podcast melalui aplikasi Apple Podcast, Anchor, Google Podcast, Spotify, Breaker, Pocket Casts, dan RadioPublic.

 

Podcast sebenarnya merupakan akronim dari ‘iPod broadcasting’. Istilah ini merujuk pada konten audio yang lahir sejak iPod diperkenalkan di tahun 2001. Sementara itu, Cambridge Dictionarydalam American English, mendefinisikan kata podcast sebagai ‘a broadcast that is placed on the internet for anyone who wants to listen to it or watch it’ – siaran di internet bagi siapa pun yang ingin mendengar atau menontonnya. Kini, kita dapat mengakses podcast melalui berbagai aplikasi seperti Spotify, Google Podcast, Apple Podcast, dan lain sebagainya.

 

Di berbagai negara seperti Amerika Serikat dan Eropa, kepopuleran podcast sudah merentang dalam waktu yang cukup lama. Kategori kontennya pun beragam. Sebagai contoh, ABA Journal yang meluncurkan banyak siaran podcast berkonten hukum. Pertama kali diluncurkan pada 5 April 2010, ABA Journal sendiri sudah memiliki sekitar 300 episode.

 

Di Indonesia, sebuah survei yang dilakukan DailySocial.id terhadap 2.023 pengguna ponsel menemukan, kendati podcast dapat didengarkan sembari melakukan aktivitas apa pun, ada 32,50% responden yang cenderung mendengarkan siaran podcast di atas jam 9 malam. Temuan lain, sebanyak 79% responden juga memilih mendengarkan podcast di rumah; dengan waktu ideal sekitar sepuluh hingga 20 menit. Adapun mayoritas pendengar podcast adalah orang-orang yang berusia 20 hingga 25 tahun (42,12%).

Tags:

Berita Terkait