Apresiasi Akun Media Sosial Pemerintah Lewat GSM Award
Berita

Apresiasi Akun Media Sosial Pemerintah Lewat GSM Award

Acara ini bertujuan untuk memperkuat jejaring government public relations antara kementerian, lembaga, atau pemerintah daerah, dan meningkatkan kualitas pengelolaan media sosial pemerintah.

Oleh:
Fitri Novia Heriani
Bacaan 2 Menit
Acara Government Social Media Summit 2019 (GSMS). Foto: FNH
Acara Government Social Media Summit 2019 (GSMS). Foto: FNH

Untuk mengapresiasi kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi kepada publik melalui media sosial, Awrago menggelar Government Social Media Summit 2019 (GSMS). Dalam acara ini, Awrago menyiapkan award bagi kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang disebut dengan GSM Award.

 

Setidaknya, terdapat 13 kategori yang tersedia untuk diberikan kepada K/L dan pemerintah daerah terkait pengelolaan akun media sosialnya. Menurut Ketua Panitia Karina Kusumawardani, acara ini bertujuan untuk memperkuat jejaring government public relations antara kementerian, lembaga, atau pemerintah daerah, dan meningkatkan kualitas pengelolaan media sosial pemerintah.

 

Hukumonline.com

 

“Selain itu, acara ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pengelola akun media sosial pemerintah, menguatkan jejaring pemerintah dengan pihak platform dan pakar media sosial, dan memperbaharui wawasan pemerintah terhadap tren kini media sosial,” kata Karina Selasa, (24/9).

 

Karina menjelaskan bahwa acara GSMS 2019 ini didukung oleh Kantor Staf Presiden dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). GSMS 2019 diharapkan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kinerja komunikasi publik pemerintah melalui media sosial dan menghasilkan referensi standar dalam pengelolaan media sosial pemerintah baik kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

 

Penghargaan ini diberikan setelah dilakukan pemantauan aktvitas media sosial pemerintah dengan rentang waktu Agustus-Juli 2019. Terkumpul sebanyak 5.762.655 data media sosial, dari platform hingga tagar. Data ini dikumpulkan dan disajikan oleh NoLimit, perusahaan yang menggunakan big data dalam memonitor dan menganalisis media daring.

 

“Semoga bisa mendorong kerja sama atau kolaborasi kerja antar lembaga, salah satunya mencapai 17 poin Suistanable Development Goals (SDGs),” jelas Karina.

 

Untuk diketahui, GSMS 2019 terdiri dari tiga konten utama, yaitu GSM Conference, GSM Clinic, dan GSM Award. Audiens utama dari acara ini adalah kementerian, lembaga dan pemerintah daerah yanv diundang secara langsung.

 

Acara GSM Award diselenggarakan dengan harapan dapat mengapresiasi kinerja media sosial pemerintah yang pada akhirnya mendukung keterbukaan informasi publik yang lebih baik lagi ke depan.

 

Tags:

Berita Terkait