IKA FH Usakti Usung Tema Peran dan Tantangan Profesi Hukum di Era 4.0 di Raker Pertama
Berita

IKA FH Usakti Usung Tema Peran dan Tantangan Profesi Hukum di Era 4.0 di Raker Pertama

Dinamika profesi hukum sangat dinamis saat ini seiring disrupsi teknologi. Para lulusan sarjana hukum diharapkan mampu menjawab berbagai tantangan tersebut.

Oleh:
Mochamad Januar Rizki
Bacaan 2 Menit
Ketua IKA FH Usakti 2018-2022, Rivai Kusumanegara (tengah). Foto: Hol
Ketua IKA FH Usakti 2018-2022, Rivai Kusumanegara (tengah). Foto: Hol

Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Trisakti (IKA Usakti) menggelar rapat kerja untuk pertama kali setelah resmi terbentuk pada 2018. Berbagai program akan diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas kompetensi sekaligus mempererat hubungan sesama alumni yang tercatat sekitar 13 ribu anggota.

 

Ketua IKA FH Usakti 2018-2022, Rivai Kusumanegara, menyampaikan salah satu program utama organisasi ini ke depan yaitu menyelenggarakan pelatihan-pelatihan dan seminar hukum bagi para alumni khususnya yang baru lulus kuliah. Menurutnya, para alumni tersebut perlu dipersiapkan kemampuannya sehingga dapat menjawab kebutuhan masyarakat.

 

"Pandangan kami dalam profesi ini (hukum) telah mengalami banyak perubahan khususnya teknologi IT, transparansi, informasi. Ini memengaruhi apa pun profesinya seperti hakim, jaksa, notaris, legal corporate. Kami membawa seluruh alumni untuk adaptif dan responsif hadapi perubahan ini," jelas Rivai dalam acara Raker "Mewujudkan Sinergi Lintas Ikatan Meningkatkan Peran Alumni di Era 4.0" di Jakarta, Sabtu (28/9).

 

Dia mengharapkan melalui IKA FH Usakti tersebut para alumni FH Usakti dapat saling berbagi pengalaman profesionalnya tersebut. Nantinya, setiap kegiatan-kegiatan IKA FH Usakti akan melibatkan para alumni sebagai pemateri dalam pelatihan dan seminar yang digelar.

 

Tidak hanya itu, IKA FH Usakti juga mengadakan program kerja lain bersifat sosial seperti penggalangan dana untuk korban bencana alam dan kegiatan olahraga. Pembiayaan kegiatan-kegiatan tersebut bersumber dari para alumni tersebut.

 

"Kami melakukan training, magang yang dilakukan para alumni sudah berhasil kepada alumni baru lulus. Untuk fund rising ini lebih banyak swadaya alumni, kami ingin buat sistem yang tidak memberatkan dan take and give kepada alumni," tambah Rivai.  

 

Dalam kegiatan raker ini juga diagendakan pengumuman lomba karya tulis yang diselenggarakan IKA FH Usakti bekerja sama dengan Hukumonline. Lomba karya tulis tersebut dimenangkan Fery Wirsamulia (Alumni FH Usakti 1982), Bernhard Ruben Fritz Sumigar (Alumni FH 2009), Azzumar Mansyah (Mahasiswa FH Usakti 2016).

 

Pemimpin Redaksi Hukumonline, Fathan Qorib menjelaskan para pemenang tersebut terpilih setelah melalui penilaian secara ketat dari para juri. Karya tulis para pemenang tersebut memenuhi kategori penilaian para juri. Terdapat berbagai komponen-komponen yang menjadi penilaian dalam lomba karya tulis tersebut. “Dari 27 peserta, terpilih tiga pemenang tersebut," ujarnya.

 

Tags:

Berita Terkait